Pemberdayaan Komunitas Bengkel Pendidikan Cerdas Melalui Pelatihan Pembuatan Media Edukasi Flip Book
Abstract
Pembelajaran pada siswa SD masih menggunakan media konvensional, yang membuat pembelajaran terasa membosankan serta monoton karena kurangnya media interaktif yang digunakan, untuk mengatasi masalah ini, peneliti melakukan pelatihan berupa pengajaran dengan menggunakan media Flip Book yang dapat lebih menyenangkan serta interaktif. Flip Book memungkinkan siswa SD belajar sambil menggambar, sehingga mereka tidak hanya menghafal teks tetapi juga memahami materi melalui hasil gambar bergerak yang para siswa telah buat. Program pemberdayaan ini melibatkan pelatihan penggunaan Flip Book dimulai dengan materi IPA, dimana siswa menggambar dari materi yang telah disediakan. Hasil kegiatan pelatihan membuat para siswa SDĀ pada komunitas BPC merasakan manfaat pembelajaran menggunakan Flip Book, serta mendapatkan respon-respon yang baik dari para siswa, dan adanya harapan agar pelatihan ini terus berlanjut, karena adanya antusiasme yang tinggi dari para siswa, pada komunitas BPC.