Pengembangan Objek Wisata Berbasis Ekowisata Dalam Meminimalisir Pembuangan Sampah Sembarangan di Pantai Kabupaten Bangka Selatan

  • Aryanto Aryanto STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Ligi Agista STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Henita Henita STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Neneng Neneng STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Putri Izati STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Rizki Amelia STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Rosida Rahmawati STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Saryatul Amani STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Dedy Putranto STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
Keywords: Objek wisata, ekowisata

Abstract

Kebanyakan masyarakat masih memahami sampah sebagai barang yang tidak diinginkan dan tidak berguna sehingga harus cepat dibuang. Persepsi masyarakat mengenai sampah inilah yang menjadikan sampah hanya berpindah tempat dan akhirnya menumpuk pada satu tempat saja, misalnya tempat pembuangan akhir (TPA). Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah untuk memanfaatkan lokasi pantai yang ada di Kampung Nelayan sebagai objek wisata bagi Masyarakat Kampung Nelayan RT 01 RW 02 serta meminimalisir pembuangan sampah sembarangan di Pantai Nelayan. Pantai tersebut kurang diminati oleh masyarakat sekitar, dan sangat jarang dikunjungi karena belum tersedianya objek wisata. Untuk mengatasi permasalahan yang ada di Kampung Nelayan metode yang dilakukan adalah perbaikan pantai dengan memanfaatkan pantai Nelayan sebagai objek wasata yang berbasis ekowisata bagi masyarakat. Program ini dibuat untuk menciptakan suasana pantai agar terlihat indah dan asri agar bisa menarik minat pengunjung yang akan datang dengan fasilitas yang telah disediakan yaitu berupa ayunan,spot foto, dan kursi santai. Hasil dari pengabdian masyarakat ini dilihat dari jumlah pengunjung sebelum dilakukan pengembangan objek wisata tersebut kurang diminati dan setelah dilakukan pengembangan objek wisata masyarakat lebih banyak mengunjungi pantai Kampung Nelayan pada saat sore hari untuk menikmati sunset serta mengajak anak-anaknya bermain dengan fasilitas yang telah tersedia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Attar, M., Hakim, L., & Yanuwiadi, B. (2013). Analisis potensi dan arahan strategi kebijakan pengembangan desa ekowisata di Kecamatan Bumiaji–Kota Batu. Journal of Indonesian Tourism and Development Studies, 1(2), 68-78.

Devy, H.A. & Soemanto, R.B. (2017). Pengembangan Obyek dan Daya Tarik Wisata Alam Sebagai Daerah Tujuan Wisata Alam Sebagai Daerah Tujuan Wisata Di Kabupaten Karangnyar. Jurnal Sosiologi Dilema, 32(1), 34-44.

Fahrina, A. (2011). Penataan Kawasan Objek Wisata Pantai Baloiya Kecamatan Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar. Skripsi. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Ferdinan, F (2010). Pengembangan Wisata Alam Berbasis Ekowisata Dalam Perspektif Pelayana Publik. Jurnal Administrasi Publik, 3 (12), 2123-2127.

Hijriati, E, & Mardiana, R. (2014). Pengaruh Ekowisata Berbasis Masyarakat Terhadap Perubahan Kondisi Ekologi, Sosial dan Ekonomi di kampung Batusuhunan, Sukabumi, Jurnal Sosiologi Pedesaan, 1(1), 146-159.

Irawan, H. (2018). Pengembangan Ekowisata Bahari Berbasis Keankaragaman Hayati Pada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pengudang Bintan Mangrove Di Desa Pengudang Kabupaten Bintan. Pengkemas Maritim, 1(1), 1-9.

Murianto, M, & Masyhudi, L. (2018). Strategi Pengembangan Ekowisata Berbasis Masyarakat di Teluk Seriwe Lombok Timur. Jurnal Media Bina Ilmiah, 13 (2), 913-924.

Nur, M & Masyrukan, M. (2016). Penanganan Sampah Organik dengan Bak Sampah Komposter di Dusun Susukan Kelurahan Susukan Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang’. Jurnal WARTA, 19 (1), 74-82.

Satria, D. (2009). Strategi pengembangan ekowisata berbasis ekonomi lokal dalam rangka program pengentasan kemiskinan di wilayah Kabupaten Malang. Journal of Indonesian Applied Economics, 3(1), 25-33

Zulia, M., Supratman, O., & Sari, S. P. (2019). Kesesuaian Dan Daya Dukung Ekowisata Mangrove di Desa Kurau dan Desa Kurau Barat Kabupaten Bangka Tengah. Akuatik: Jurnal Sumberdaya Perairan, 13(2), 94-104.

Published
2020-09-26
How to Cite
Aryanto, A., Agista, L., Henita, H., Neneng, N., Izati, P., Amelia, R., Rahmawati, R., Amani, S., & Putranto, D. (2020). Pengembangan Objek Wisata Berbasis Ekowisata Dalam Meminimalisir Pembuangan Sampah Sembarangan di Pantai Kabupaten Bangka Selatan. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 87-93. https://doi.org/10.24036/abdi.v2i2.47