Pengembangan Desain Kemasan pada Usaha Dendeng Jantung Pisang untuk Meningkatkan Penjualan

  • Nurlaila Handayani Universitas Samudra
  • Yusri Nadya Universitas Samudra
  • Zainal Arif Universitas Samudra

Abstract

Desa sidodadi merupakan salah satu desa yang berada dalam kawasan kecamatan Langsa lama yang memiliki beberapa tempat wisata sehingga dibutuhkan oleh-oleh khas untuk para wisatawan yang datang ke Langsa. Kondisi tersebut dapat digunakan sebagai peluang usaha oleh ibu PKK gampong sidodadi untuk menjadikan produk usaha dendeng dari jantung pisang sebagai oleh-oleh khas Aceh. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah kemasannya masih sederhana dengan bahan karton, sedikit plastik, polos sehingga menjadikan produk tidak tahan lama dan cepat bau. Kemasan merupakan hal penting untuk menghadapi persaingan bisnis kuliner pada zaman sekarang, harus memiliki fungsi melindungi produk dari berbagai resiko kerusakan, memiliki fungsi promosi karena kemasan menunjang penjualan produk sehingga menimbulkan daya tarik lebih kepada konsumen. Pengabdian ini dilakukan dengan tujuan untuk merancang sebuah desain kemasan yang baru untuk produk dendeng jantung pisang di kota Langsa dengan metode penelitian kualitatif deksriptif dengan tujuan untuk memenuhi kriteria kemasan yang baik yaitu memenuhi fungsi melindungi produk dan fungsi promosi, sehingga penjualannya akan meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-08
How to Cite
Handayani, N., Nadya, Y., & Arif, Z. (2024). Pengembangan Desain Kemasan pada Usaha Dendeng Jantung Pisang untuk Meningkatkan Penjualan. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(2), 177-185. Retrieved from http://abdi.ppj.unp.ac.id/index.php/abdi/article/view/667