Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Pembelajaran Matematika Berbasis STEM bagi Guru SD
Abstract
Pelaksanaan pengabdian dengan kegiatan pelatihan pembuatan alat peraga berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) bagi guru Sekolah Dasar (SD) di lingkungan Kramat ini diadakan karena pengetahuan dan kemampuan guru dalam membuat alat peraga masih perlu ditingkatkan, belum semua guru pernah memperoleh pelatihan tentang alat peraga, dan ketersediaan alat peraga belum banyak variasi atau inovasi, serta keberadaan alat peraga yang sering ada hanya pada lingkup materi geometri. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru untuk membuat alat peraga, mengenalkan pembelajaran berbasis STEM di tingkat Sekolah Dasar, dan mengembangkan kemampuan keprofesian guru dengan membuat karya inovatif bagi guru-guru di SD Negeri Kramat 1 dan SD Negeri Kramat 5. Kegiatan ini dilakukan dengan metode pelatihan yang dilaksanakan dikedua SD tersebut. Metode pelaksanaan pengabdian ini terdiri dari tahapan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Daya tarik dan urgensi pengabdian ini adalah dibutuhkannya pelatihan pembuatan alat peraga yang inovatif bagi guru, mengenalkan inovasi melalui konsep Engineering Design Process pada alat peraga berbasis STEM kepada guru dengan adanya penyelidikan sains, konstruksi teknik, keterampilan teknologi, dan penalaran matematis, serta dibutuhkannya alat peraga bagi siswa SD untuk memfasilitasi pembelajaran sesuai tingkat kognitifnya. Hasil dari pengabdian ini adalah guru memahami pengertian alat peraga, manfaat alat peraga, dan pentingnya alat peraga bagi pembelajaran berbasis STEM mencakup pengertian pembelajaran berbasis STEM, perspektif STEM dalam 4 level, Engineering Design Process (EDP), dan contoh kegiatan STEM; guru dapat membuat alat peraga yang diintegrasikan dengan STEM, dan guru dapat melakukan simulasi penggunaan alat peraga yang dibuat. Program ini memberikan manfaat untuk menambah wawasan tentang karya inovatif bagi guru sehingga dapat guru dapat melakukan inovasi memanfaatkan sumber belajar yang ada di sekitar.