Pelatihan Preceptorship Bagi Clinical Instructor Keperawatan

  • Suci Tuty Putri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sehabudin Salasa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Lisna Anisa Fitriana Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Pengalaman belajar klinik atau lapangan pada pendidikan tinggi keperawatan diperlukan untuk menumbuhkan dan membina kemampuan dan sikap keperawatan profesional. Salah satu cara untuk pengembangan dan pengendalian mutu keperawatan adalah dengan cara mengembangkan lahan praktik keperawatan disertai dengan adanya pembinaan masyarakat professional keperawatan untuk melaksanakan pengalaman belajar di lapangan dengan benar bagi peserta didik. Hal ini dapat dilakukan dengan memfasilitasi kegiatan preseptorship. Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan perawat dalam mendidik mahasiswa dalam memberikan asuhan keperawatan yang aman baik bagi mahasiswa. Metode pelaksanaan kegiatan adalah blended learning, yaitu penyampaian materi online dan pelaksanaan praktek preseptorship secara offline. Jumlah peserta yang terlibat adalah 30 yang merupakan perawat klinik Rumah Sakit dan pembimbing akademik di institusi pendidikan keperawatan di Jawa barat. Progam ini di ikuti oleh seluruh peserta dengan protokol kesehatan. Setelah dilaksanakan pelatihan hasil rata-rata skor pengetahuan peserta adalah 78 dan skor rata-rata keterampilan adalah 84. Program ini menunjukkan bahwa perawat sebagai clinical instructor perlu di bekali pemahaman dan keterampilan dalam pelaksanaannya dalam membimbing mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-26
How to Cite
Putri, S. T., Salasa, S., & Fitriana, L. A. (2021). Pelatihan Preceptorship Bagi Clinical Instructor Keperawatan. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 150-156. https://doi.org/10.24036/abdi.v3i2.115