Penyuluhan Kewirausahaan Sosial dan Penguatan Kelompok UMKM Dalam Upaya Peningkatan Pemasaran Masa Pandemi Covid-19 di Desa Burai Ogan Ilir
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang kewirausahaan sosial dan pentingnya kelompok dalam upaya peningkatan pemasaran bagi pelaku UMKM di Desa Burai Ogan Ilir. Bentuk kegiatan dilakukan dengan metode penyuluhan secara langsung dengan memberikan ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemecahan masalah terhadap kasus pemasaran produk UMKM. Adapun tahapan kegiatan yaitu pemberian pre test, dilanjutkan pemaparan materi tentang kewirausahaan sosial dan penguatan kelompok dan akhiri dengan evaluasi kegiatan dan post test. Peserta kegiatan adalah ibu rumah tangga dan perempuan yang memiliki usaha rumahan tenun songket berjumlah 23 orang. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan presentase pemahaman peserta yang meningkat sebelum kegiatan dan sesudah kegiatan, dengan rata-rata presentase 36% menjadi 75% setelah kegiatan. Melalui pemahaman peserta terhadap pentingnya wirausaha, komunitas, dan pemasaran masa pandemi diharapkan pemasaran produk yang dihasilkan akan lebih meningkat.