Optimalisasi Kompetensi Guru Sekolah Luar Biasa Dengan Penerapan Teknik Manual Brewing dalam Penyeduhan Kopi

  • Rila Muspita Universitas Negeri Padang
  • Elsa Efrina Universitas Negeri Padang
  • Reno Fernandes Universitas Negeri Padang
  • AB Sarca Putera Universitas Negeri Padang
  • Arisul Mahdi Universitas Negeri Padang
Keywords: Kompetensi guru, penyandang disabilitas, kopi, manual brewing

Abstract

Kajian ini membahas tentang mengoptimalkan kompetensi guru dalam mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan diri yang meliputi memfasilitasi peserta didik mengembangkan berbagai potensi akademik maupun non-akademik. Potensi non-akademik dapat berupa soft skill untuk terjun ke dunia usaha sehingga dapat mandiri sesuai dengan cita-cita bangsa. Pelaksanaan dilakukan dua tahapan yaitu tahapan pertama pemberian materi yang dalam bentuk seminar satu hari dan dilanjutkan dengan pelatihan selama enam kali. Guru-guru diberikan pre-test dan post-test untuk melihat kemampuan awal dan sebagai evaluasi kemampuan guru sebelum dan sesudah pemberian materi dan pelatihan. Melalui pelatihan ini guru-guru memiliki kemampuan dalam menyeduh kopi dengan menerapkan teknik manual brewing. Sehingga soft skill yang dimiliki guru akan ditransfer kepada anak hambatan pendengaran pada mata pelajaran tataboga atau vocasional. Penerapan teknik manual brewing dalam penyeduhan kopi dirasa perlu diberikan kepada guru-guru agara dapat dipraktekkan lansung dan dimasukkan sebagai bahan ajar karena keberadaan penyandang disabilitas di Kota Padang khususnya dan Sumatera Barat pada umumnya berada pada lingkungan yang memiliki kekayaan kearifan lokal. Salah satu yang memiliki pasar yang cukup luas dan peminat yang terus-menerus adalah minuman kopi. Penyajian kopi yang terus digemari konsumen adalah dengan teknik manual brewing karena teknik ini memiliki keunikan tersendiri menciptakan cita rasa keaslian kopi itu sendiri. Sehingga hal ini akan menjadi peluang bagi anak hambatan pendengaran untuk bekerja dan bahkan membuka usaha sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Everage, Laura. 2012. “Manual Brewing - The Basics”. Coffee Universe, (Online), (http://coffeeuniverse.com/manual-brewing-the-basics/), Diakses 15 Februari 2016.

Hodinata, E., Kusumowidagdo, A., & Wardhani, D. K. (2018). Perancangan Interior Hocoop (Coffee and Eatery) Dengan Tema Manual Brewing with Natural Style. KREASI, 2(2), 130-152

Hutabarat, B. (2016). Kondisi pasar dunia dan dampaknya terhadap kinerja industri perkopian nasional. Jurnal Agro Ekonomi, 22(2), 147-166.

Muspita, R., Safaruddin, S., Ardisal, A., & Sopandi, A. A. (2018). Pembelajaran Keterampilan Membuat Ikan Bakar Bagi Anak Hambatan Pendengaran. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 48-50.

Perkasa, A. G. (2018). Kontribusi Specialty Coffee Association Dalam Meningkatkan Industri Kopi di Indonesia (Studi Kasus Petani Kopi Aceh Pantan Musara). Disertasi. Perpustakaan

Triatmoko, E., Fitriadi, S., & Gafur, A. (2016). Prospek USAha Agroindustri Kopi di Desa Jati Baru Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar. Ziraa'ah Majalah Ilmiah Pertanian, 41(2), 188-194.

Hastuti, D. S. (2018). Kandungan Kafein pada Kopi dan Pengaruh terhadap Tubuh. Research Gate [7 November 2018].

Widya Lestari, E. (2016). Penyutradaraan Program Feature Inside My Drinks Episode: Manual Brewing Coffee. Disertasi. Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Published
2019-12-16
How to Cite
Muspita, R., Efrina, E., Fernandes, R., Putera, A. S., & Mahdi, A. (2019). Optimalisasi Kompetensi Guru Sekolah Luar Biasa Dengan Penerapan Teknik Manual Brewing dalam Penyeduhan Kopi. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 88-94. https://doi.org/10.24036/abdi.v1i2.31