Peningkatan Profesionalisme Guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Musirawas Sumatera Selatan Melalui Pelatihan Menulis Artikel Jurnal Ilmiah

  • Susetyo Susetyo Universitas Bengkulu
  • Rokhmat Basuki Universitas Bengkulu
  • Noermanzah Noermanzah Universitas Bengkulu

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian ini dilakukan untuk: (1) membekali pengetahuan dan pemahaman Guru Bahasa Indonesia tentang menulis artikel jurnal ilmiah dan (2) membekali Guru Bahasa Indonesia agar terampil membuat artikel jurnal ilmiah yang sesuai dan dapat mempublikasi dalam dalam jurnal ilmiah ber-ISSN. Metode yang digunakan adalah sosialisasi dan pendampingan dalam menyusun artikel jurnal ilmiah. Materi yang disampaikan dalam sosialisasi adalah cara menulis artikel jurnal, yaitu hakikat, ragam artikel, sistematika artikel ilmiah, langkah-langkah menulis artikel, dan mempersiapkan artikel ilmiah yang siap dipublikasikan di artikel jurnal ilmiah nasional terakreditasi. Rancangan evaluasi untuk mengukur keberhasilan pelatihan adalah tes tertulis yang mencakup pengetahuan dan pemahaman tentang menulis artikel ilmiah meliputi hakikat artikel ilmiah, ragam artikel ilmiah, sistematika menulis artikel ilmiah, dan komponen artikel jurnal ilmiah. Kegiatan ini dilakukan mulai Mei sampai dengan November 2019 di Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan. Khalayak sasaran yang dilibatkan adalah guru-guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan. Hasil capaian pengabdian menunjukkan bahwa pelatihan artikel jurnal ilmiah sangat bermanfaat bagi Guru Bahasa Indonesia Kabupaten Musi Rawas, mereka telah mengetahui dan memahami cara menulis artikel jurnal, dan mereka telah mampu menulis artikel jurnal ilmiah dengan baik. Kegiatan pegabdian perlu dilanjutkan dengan pendampingan yang lebih intensif agar mereka lebih mampu menulis arikel jurnal dan dapat dipuplikasikan pada jurnal ber-ISSN dan bahkan dapat dimuat di jurnal nasional terakreditasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rokhmat Basuki, Universitas Bengkulu

Dosen Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, Universitas Bengkulu

Noermanzah Noermanzah, Universitas Bengkulu

Dosen Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP Universitas Bengkulu

References

Ariningsih, N. E., Sumarwati, Saddhono, K. (2012). Analisis Kesalahan Bahasa Indonesia dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas. Basastra Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 1(1): 48.

Farhatilwardah, F., Hastuti, D., & Krisnatuti, D. (2019). Karakter Sopan Santun Remaja: Pengaruh Metode Sosialisasi Orang Tua dan Kontrol Diri. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 12(2), 115. doi:10.24156/jikk.2019.12.2.114

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Data Guru Semester Ganjil 2019/2020. https://dapo.dikdasmen.Kemdikbud.GO.ID/GURU/2/110600

Kirom, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Verbal Linguistik. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 2(2), 208. doi:10.31540/silamparibisa.v2i2.616

Kusumaningrum, K. (2019). Publikasi dan Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah Berdasarkan Gaya Selingkung. Makalah. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta. doi:10.31227/osf.io/5gscx

Musaffak & Pangesti, F. (2018). Penerapan Strategi Mind Mapping sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Artikel Ilmiah. Belajar Bahasa, 3(2). doi:10.32528/bb.v3i2.1589

Noermanzah, N. (2015). Peran Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Mempertahankan Bahasa Indonesia sebagai Alat Pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia pada Era Globalisasi. In Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa 2015. Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu, p. 278. http://repository.unib.ac.id/11133/

Noermanzah & Friantary, H. (2019). Development of Competency-Based Poetry Learning Materials for Class X High Schools. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(4), 6631.

Saud, U. S. (2019). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Sumarsono, A., & Syamsudin. (2019). Peningkatan Kompetensi Penelitian Tindakan Kelas melalui Metode Pelatihan, Penerapan dan Pendampingan bagi Guru Sekolah Satu Atap Wasur di Kabupaten Merauke. Sarwahita, 16(02), 150. doi:10.21009/sarwahita.162.06

Suyatno & Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Esensi.

Published
2020-01-21
How to Cite
Susetyo, S., Basuki, R., & Noermanzah, N. (2020). Peningkatan Profesionalisme Guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Musirawas Sumatera Selatan Melalui Pelatihan Menulis Artikel Jurnal Ilmiah. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 28-34. https://doi.org/10.24036/abdi.v2i1.35