Pendampingan Bimbingan Belajar Dalam Meningkatan Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19

  • Hajeni Hajeni Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Rahmatia Rahmatia Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Nurdin S Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Sukmawati Tono Palangngan Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Heriyanti Heriyanti Universitas Muhammadiyah Palopo

Abstract

Pemberlakuan belajar Daring pada masa pandemic covid-19, sangat berdampak terhadap aktifitas guru, orang tua dan siswa. Berdasarkan hasil observasi bahwa selama pembelajaran daring berlangsung siswa sekolah dasar di Dusun Campae Desa Tanarigella mengalami penurunan minat belajar. Hal ini terlihat pada indikator: 1) Anak memiliki keterbatasan dalam membaca dan menulis. 2) Anak merasa jenuh dan bosan saat belajar di rumah. 3) Anak tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Rendahnya minat belajar anak dipengaruhi oleh kurangnya interaksi langsung antara guru dan siswa sementara itu pedampingan orang tua juga tidak maksimal karena sibuk bekerja, yang sebagian besar pekerjaanya sebagai petani. Orang tua mengalami kesulitan untuk membagi waktu antara waktu bekerja dengan waktu mendampingi anak belajar. Permasalahan tersebut merupakan hal urgen yang membutuhkan pemecahan atau solusi. Adapun solusi yang diberikan oleh tim KKN-T Universitas Muhammadiyah Palopo yaitu melalui Bimbingan Belajar Kelompok. Kegiatan bimbingan belajar ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa di Dusun Campae. Teknik pengumpulan data dalam pengabdian ini menggunakan wawancara, observasi dan kuesioner sedangkan teknik analisis data secara naratif deskriptif. data Implikasi dari kegiatan pengabdian Bimbingan Belajar Kelompok Model STAD ini adalah minat belajar siswa pada masa pandemic covid-19 meningkat. Sehingga harapan penulis semua stakeholder Pendidikan terutama guru dapat mengimplementasikan kegiatan bimbingan belajar dalam meningkatkan minat belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-05-12
How to Cite
Hajeni, H., Rahmatia, R., S, N., Palangngan, S. T., & Heriyanti, H. (2023). Pendampingan Bimbingan Belajar Dalam Meningkatan Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(2), 231-237. https://doi.org/10.24036/abdi.v5i2.366