Pendampingan Penyusunan RPP Bagi Guru IPA di MTsN Kota Langsa Pada Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

  • Mauliza Mauliza Universitas Samudra
  • Nurhafidhah Nurhafidhah Universitas Samudra
  • Dona Mustika Universitas Samudra
Keywords: IPA, Keprofesian, Pendampingan, Pengabdian, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Abstract

Agar dapat melaksanakan tugas utama dengan baik, seorang guru perlu meningkatkan kompetensi dan kinerjanya secara bertahap, berjenjang, dan berkelanjutan. Salah satunya melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Kegiatan PKB dilaksanakan dan dijalankan oleh MGMP IPA tingkat MTs di Kota Langsa yang menjadi mitra kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Tujuan pelaksanaan pendampingan ini yaitu: 1) Meningkatkan pengetahuan mitra tentang penyusunan RPP sesuai SK Dirjen Pendis no.5164 Tahun 2018 dan tentang materi yang tersedia di dalam Modul PKB; 2) Meningkatkan kreativitas mitra dalam menentukan model pembelajaran saat mendesain RPP. Tujuan tersebut dirumuskan berdasarkan beberapa permasalahan mitra yang disepakati bersama tim pengabdi. Solusi yang ditawarkan adalah memberikan sosialisasi dan pelatihan tentang penyusunan RPP sesuai SK Dirjen Pendis no.5164 Tahun 2018 dan pemantapan materi IPA yang tersedia di dalam modul PKB. Selain itu, dilakukan pendampingan proses desain RPP menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan hasil Iptek penelitian pengabdi yaitu model problem solving terintegrasi karakter. Kegiatan ini menggunakan metode community based research (CBR) dengan pendekatan langsung conceptual learning dan procedural fluency. Instrument pengumpulan data berupa wawancara, lembar observasi, dan pretes-postes. Dapat dianalisis secara deskriptif sederhana untuk mengetahui ketercapaian tujuan kegiatan. Kegiatan pengabdian diikuti oleh 20 peserta yang aktif dan antusias selama kegiatan. Hasil kegiatan pengabdian dapat meningkatkan pengetahuan guru dalam menyusun RPP dan menguasai Materi IPA. Selain itu, terdapat beberapa kendala yang dihadapi guru dalam menyusun RPP dan memahami materi IPA yaitu tidak memiliki cukup waktu untuk menyiapkan RPP dan peralatan pembelajaran lainnya seperti kebutuhan praktikum dalam pembelajaran IPA.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-05-12
How to Cite
Mauliza, M., Nurhafidhah, N., & Mustika, D. (2023). Pendampingan Penyusunan RPP Bagi Guru IPA di MTsN Kota Langsa Pada Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(2), 246-255. https://doi.org/10.24036/abdi.v5i2.375