Meningkatkan Religiusitas Warga Pra-Sejahtera di Kelurahan Surutangnga Kota Palopo Melalui Bimbingan Agama (Gerakan Jama’ah Dakwah Jama’ah)

  • Nur Saqinah Galugu Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Muhammad Yusuf Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Marhani Marhani Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Hajeni Hajeni Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Nur Intan Syahputri Tabang Universitas Muhammadiyah Palopo
Keywords: GJDJ, Pra-Sejahtera, Religiusitas

Abstract

Memiliki pengetahuan tentang agama yang kita anut adalah hal yang urgen untuk menguatkan keyakinan kita. Memeluk agama Islam tidak cukup dengan klaim diri akan tetapi juga dibutuhkan ilmu pengetahuan dan pengamalan sesuai dengan tuntunan al-qur’an dan sunnah. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman agama Islam kepada para responden khususnya hal-hal yang mendasar dalam Islam dan menguatkan nilai-nilai keIslaman. Pengabdian ini dilakukan dengan menggunakan metode bimbingan kelompok dalam bentuk ceramah, diskusi dan praktik dengan mengadopsi metode pelaksanaan gerakan jama’ah dakwah jama’ah (GJDJ). Khalayak sasaran berjumlah 23 kepala keluarga pra-sejahtera yang berada di kelurahan Surutanga kota Palopo. Kegiatan dilaksanakan selama tiga bulan dan telah membahas beberapa materi diantaranya ketauhidan, thahara, ibadah praktis dan juga pengurusan jenazah. Hasil dari kegiatan ini adalah khalayak sasaran memiliki pemahaman tentang Tauhid yang benar, tata cara bersuci, tata cara sholat dan juga mengurus jenazah akan tetapi khalayak sasaran masih perlu untuk terus didampingi agar dapat mempraktekkan secara sempurna dalam kehidupan mereka sehari-hari khususnya pada bacaan sholat dan pengurusan jenazah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-05-12
How to Cite
Galugu, N. S., Yusuf, M., Marhani, M., Hajeni, H., & Tabang, N. I. S. (2023). Meningkatkan Religiusitas Warga Pra-Sejahtera di Kelurahan Surutangnga Kota Palopo Melalui Bimbingan Agama (Gerakan Jama’ah Dakwah Jama’ah). Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(2), 238-245. https://doi.org/10.24036/abdi.v5i2.386