Sosialisasi Penerapan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pembelajaran Daring bagi Guru SMPN Balikpapan
Abstract
Saat guru akan naik golongan pada masa pandemi, ditemukan adanya guru yang masih belum memahami penerapan penelitian tindakan kelas dalam pembelajaran daring sehingga tidak menulis artikel ilmiah. PKM ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan penelitian tindakan kelas dalam pembelajaran daring sehingga guru-guru tertarik untuk melaksanakan penelitian dan menyusunnya dalam bentuk artikel jurnal. Fokus pengabdian ini adalah ide menulis artikel PTK. PKM ini menggunakan metode survey, data hasil kuesioner dianalisis dengan statistik deskriptif. Cara memperoleh data dengan melakukan sosialisasi penerapan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan kuesioner kepuasan pelaksanaan PKM sebagai upaya untuk mengetahui guru dapat memahami atau tidak atas materi yang disosialisikan oleh pemateri. Peningkatan pemahaman PTK mencapai 80%. Hasil pengabdian masyarakat ini menunjukkan guru antusias dan merasa puas dengan materi yang disampaikan oleh pemateri. Selain itu, guru juga ingin menulis artikel setelah acara sosialisasi tersebut dengan menerapkan aplikasi dan media pembelajaran yang menarik.