Optimalisasi Penulisan Sitasi dan Daftar Pustaka Pada Lembar Tugas Mahasiswa Jurusan Keperawatan
Abstract
Menulis sitasi dan daftar merupakan suatu penghargaan atau suatu bentuk pengakuan seorang penulis kepada ide-ide, kata-kata, atau karya orang lain dan juga dapat mencegah tindakan plagiarisme. Issue plagiarisme ini sangatlah meresahkan, karena mahasiswa dapat dikatakan gagal dalam ujian karya tulis ilmiah jika diketahui melakukan plagiarism. Untuk itu penulis melakukan optimalisasi penulisan sitasi dan daftar pustaka melalui kegiatan edukasi pada mahasiswa Jurusan Keperawatan. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa kegiatan edukasi penulisan sitasi dan daftar pustaka dapat meningkatkan secara signifikan pengetahuan mahasiswa tentang penulisan sitasi dan daftar pustaka. Kegiatan ini diharapkan dapat dilakukan secara teratur dan berkesinambungan di Jurusan Keperawatan untuk meningkatkan kemampuan menulis ilmiah bagi mahasiswa.
Downloads
References
Deepublish. (2016). Teknik menulis karya tulis dengan parafrase untuk menghindari Plagiarisme. https://penerbitdeepublish.com/teknik-menulis-penerbit-buku-g055
Fawaid, A. (2016). Pengantar penulisan akademik. Probolinggo: Pustaka Pelajar.
Gilbert, G.G., Sawyer, R.G., & McNeil, E.B. (2011). Health education: Creating strategies for school and community health (3rd ed). USA: Jones and Barlett Publiser, LCC.
Menteri Pendidikan Nasional. (2010). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi.
Plagiarism Organization. (2017). What is plagiarm?. https://www.plagiarism.org/article/what-is-citation
Potter, P & Perry, A. (2013). Fundamentals of nursing. 8th ed.St. Louis, Missouri: Elsevier Mosby.
Smeltzer, SC., & Bare, BG. (2008). Buku ajar kesehatan medical bedah, Volume 2, Edisi 8. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.
Universal Collage of Learning. 2017. A guide to APA referencing style: 6th edition. http://student.ucol.ac.nz/library/onlineresources/Documents/APA_Guide_2017.pdf