Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Damai Berbasis Nilai Sosial Spiritual Dalam Mencegah Bullying Relasional

  • Eli Karliani Universitas Palangka Raya
  • Triyani Triyani Universitas Palangka Raya
  • Nur Hapipah Universitas Palangka Raya
  • Maryam Mustika Universitas Palangka Raya

Abstract

Penelitian dari Programme for International Students Assessment (PISA) di tahun 2018, Indonesia berada di urutan kelima tertinggi dari 78 negara sebagai negara yang paling banyak murid mengalami perundungan (bullying). Sebesar 41,1% murid mengaku pernah mengalami perundungan (bullying). Tujuan kegiatan PKM yaitu mengimplementasikan Pendidikan karakter cinta damai berbasis nilai sosial spiritual dalam mecegah bullying di SMPN 11 Palangka Raya melalui layanan belajar dan media sosial tiktok dan youtobe/instagram. Metode kegatan PKM dilaksanakan secara luring melaui layanan mengajar dan daring melalui video tiktok. Tahapan kegiatan PKM: 1)Persiapan melakukan eksplorasi nilai sosial spiritual, mengembangkan design dan konsep media tiktok, mengembangkan form refleksi dan evaluasi kegiatan, mengembangkan model layanan mengajar interaktif; 2)Pelaksanaan dilaksanakan secara langsung di SMPN 11 Kota Palangka Raya; sosialisasi dan edukasi nilai sosial spiritual melalui media sosial tiktok dan youtobe; Evaluasi dan refleksi yaitu evaluasi ketercapaian luaran dan target kegiatan kegiatan melalui survey terkait implementasi Pendidikan karakter cinta damai dalam mencegah perilaku bullying relational siswa SMPN 11 Palangka Raya. Hasil Kegiatan PKM : 1) Persiapan, 2)Pelaksanaan layanan mengajar dan evaluasi mendapat respon yang sangat baik dari siswa yang pernah menjadi pelaku dan korban bullying sebanyak 35 orang, guru PPKn dan guru BK. Hasil evaluasi yaitu peserta lebih memahami meyakini bahwa tindakan bullying tidak baik , menyakiti korban, tidak disukai Tuhan Yang Maha Esa, Tuhan akan memberikan sanksi kepada orang yang melakukan bullying, Tuhan akan memaafkan orang yang melakukan bullying dengan tobat, dan berjanji tidak akan melakukan Tindakan bullying lagi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-03-31
How to Cite
Karliani, E., Triyani, T., Hapipah, N., & Mustika, M. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Damai Berbasis Nilai Sosial Spiritual Dalam Mencegah Bullying Relasional. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 116-122. https://doi.org/10.24036/abdi.v5i1.414