Program Lentera Edukasi Melalui Pop-Up Mathematics Book Sebagai Solusi Untuk Mengoptimalisasikan Pembelajaran Matematika Anak Autis

  • Ni Wayan Ayu Kesumawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Dion Permana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Riski Tiar Ananda Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Kadek Sri Damayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Niken Novianti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Suarsana Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Ketersediaan media pembelajaran untuk anak autis di SLBN 2 Buleleng belum memadai dikarenakan guru kesulitan dalam merancang media pembelajaran yang sesuai kebutuhan siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tercipta program Lentera Edukasi. Program ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam pembuatan media pembelajaran Pop-Up Mathematics Book berbasis augmented reality, serta (2) meningkatkan kualitas media pembelajaran di SLBN 2 Buleleng. Metode yang digunakan yaitu metode luring dengan pendekatan pembelajaran mandiri dan terpadu melalui 4 tahapan yaitu, Lentera Diskusi, Lentera Siap, Lentera Berlatih, dan Lentera Bergerak. Hasil kegiatan yaitu: (1) adanya peningkatan pengetahuan dan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran digital dengan selisih hasil pre-test dan post-test pengetahuan sebesar 48,76 serta selisih hasil pre-test dan post-test keterampilan sebesar 55,49; (2) terciptanya media pembelajaran digital dengan rata-rata berkualifikasi baik; (3) respon positif dari guru dan siswa autis; serta (4) adanya keberlanjutan program. Secara keseluruhan kegiatan ini berjalan dengan baik dan diperlukan guru untuk mengimbangi dampak kemajuan teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-08-07
How to Cite
Kesumawati, N. W. A., Permana, I. M. D., Ananda, R. T., Damayanti, N. K. S., Novianti, M. N., & Suarsana, I. M. (2023). Program Lentera Edukasi Melalui Pop-Up Mathematics Book Sebagai Solusi Untuk Mengoptimalisasikan Pembelajaran Matematika Anak Autis. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(3), 327-337. https://doi.org/10.24036/abdi.v5i3.433