Mendesain Media Pembelajaran dalam Mereduksi Kejenuhan Belajar Anak Didik

  • Muhajir Muhajir Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Andi Sugiati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Musdalifah Syahrir Universitas Muhammadiyah Makassar

Abstract

Taman Kanak-Kanak PKK Batua Raya terletak di Di Kelurahan Paropo, Kecamatan Panakukang, Kota Makassar. Pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) Batua Raya Seperti kebanyakan Pendidikan TK lainnya, TK PKK Batua Raya juga dilengkapi dengan ruang kelas dan sekaligus tempat bermain anak, akan tetapi pengelolaan dan media pembelajaran masih perlu dilakukan pengembangan untuk menunjang kualitas pendidikan TK tersebut. Oleh karena itu tujuan dan target khusus yang ingin dicapai adalah Melakukan Pendampingan dan Mendesain Media Pembelajaran dalam Mereduksi Kejenuhan Belajar Anak Didik di TK, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan Pendidikan TK khususnya menyusun materi ajar, mendesain media pembelajaran yang sesuai dengan dengan karakteristik anak usia Taman Kanak-kanak yaitu bermain, bercerita, demonstrasi, dan pembagian tugas, dengan adanya pembelajaran yang lebih menarik dan variatif, guru dapat menvariasikan media tersebut sehingga menarik minat anak dalam pembelajaran, dan anak tidak mudah jenuh menerima pembelajaran. Pendekatan yang ditawarkan untuk mencapai tujuan tersebut adalah melalui media pengembangan, yang meliputi beberapa tahapan antara lain: (1) Analisis Situasi (2) Perumusan dan Klarifikasi Permasalahan, (3) Hipotesis Tindakan, (4) Perencanaan Tindakan, (5) Implementasi tindakan dan memonitoringnya, (6) Evaluasi hasil tindakan, dan (7) Refleksi dan pengambilan keputusan untuk pengembangan selanjutnya. Untuk mencapai target luaran yang diharapkan maka pelaksanaan yang akan digunakan adalah pelatihan dan pendampingan pada Pendidikan TK Batua Raya Kelurahan Paropo Kecamatan Panakukang Kota Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-05
How to Cite
Muhajir, M., Sugiati, A., & Syahrir, M. (2023). Mendesain Media Pembelajaran dalam Mereduksi Kejenuhan Belajar Anak Didik. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(2), 298-305. https://doi.org/10.24036/abdi.v5i2.441