Peningkatan Profesionalisme Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SDIP YLPI Pekanbaru

  • Sri Rezeki Universitas Islam Riau
  • Sindi Amelia Universitas Islam Riau
  • Ibnu Hajar Universitas Islam Riau

Abstract

Profesionalisme guru menjadi kunci utama kesuksesan para peserta didik. Salah satu komponen tuntutan Undang-Undang Republik Indonesia kepada para guru adalah memiliki kompetensi pedagogis yang memuat perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Seiring dengan bertransformasinya kurikulum menjadi kurikulum merdeka belajar, maka guru diharapkan untuk bersegera melakukan penyesuaian. Berbagai tugas pokok yang tidak sederhana ini membuat guru perlu diberi motivasi, pencerahan, pemahaman, pelatihan, dan pendampingan untuk meningkatkan profesionalismenya. Sekolah Dasar Islam Plus Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (SDIP YLPI) Pekanbaru dan Universitas Islam Riau (UIR) merupakan dua lembaga pendidikan di bawah yayasan yang sama. Memberikan bimbingan agar tercapainya guru SDIP YLPI Pekanbaru yang profesional khususnya pada penerapan Kurikulum Merdeka merupakan bentuk tanggungjawab para akademisi di lingkungan YLPI. Oleh karena itu, kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan pada 02 September 2022 ini bertujuan untuk membantu guru-guru SDIP YLPI Pekanbaru dalam mengikuti perubahan dan perkembangan IPTEKS khususnya Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Metode pelaksanaannya berupa seminar terkait IKM. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah terjadi peningkatan pemahaman guru SDIP YLPI Pekanbaru tentang Implementasi Kurikulum Merdeka sehingga para guru siap untuk dibimbing dalam merancang bahan ajar pada kurikulum terbaru ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-08-21
How to Cite
Rezeki, S., Amelia, S., & Hajar, I. (2023). Peningkatan Profesionalisme Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SDIP YLPI Pekanbaru. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(3), 385-390. https://doi.org/10.24036/abdi.v5i3.470