Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Melalui Pelatihan Penulisan Best Practice

  • Nunuk Hariyati Universitas Negeri Surabaya
  • Amrozi Khamidi Universitas Negeri Surabaya
  • Ainur Rifqi Universitas Negeri Surabaya
  • Nia Islamiah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berjudul “Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Melalui Pelatihan Penulisan Best Practice” merupakan aksi nyata dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan pengetahuan kepala sekolah tentang ruang lingkup best practice serta meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam menulis best practice. Pelatihan yang diikuti oleh 16 Kepala Sekolah Menengah Pertama di Kota Mojokerto, Jawa Timur dilaksanakan dengan menerapkan metode Asset Based Community Development (ABCD) dan pendekatan Appreciative Inquiry (AI) yaitu dengan mengembangkan cerita sukses yang sebelumnya pernah dilakukan oleh peserta. Kegiata ini dilaksanakan selama 32 JP. Hasil dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatnya pengetahuan kepala sekolah tentang ruang lingkup best practice, tersusunnya laporan best practice yang telah memperoleh rekomendasi para ahli, terpublikasinya kegiatan pada media massa dan kanal youtube.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Amrozi Khamidi, Universitas Negeri Surabaya

Manajemen pendidikan , Pascasarjana, Akreditasi "A"

Ainur Rifqi, Universitas Negeri Surabaya

Manajemen pendidikan , Pascasarjana, Akreditasi "A"

Nia Islamiah, Universitas Negeri Surabaya

Manajemen Pendidikan, Pascasarjana, Akreditasi "A"

Published
2023-12-27
How to Cite
Hariyati, N., Khamidi, A., Rifqi, A., & Islamiah, N. (2023). Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Melalui Pelatihan Penulisan Best Practice. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(4), 493-500. https://doi.org/10.24036/abdi.v5i4.481