Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Sampah Dalam Mengurangi Sampah Botol Plastik Kampung Nelayan Kelurahan Tanjung Ketapang

  • Apri Susanto STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Dedy Putranto STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Hengki Hartatadi STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Luswita Luswita STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Maya Parina STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Rafi Fajri STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Sitiana Sitiana STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Septiara Septiara STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Yola Septian Amelinda STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
Keywords: Pengelolaan limbah plastik, Pemberdayaan masyarakat, simulasi

Abstract

Sampah menjadi masalah terbesar warga Nelayan, karena masyarakat yang masih berpikir dengan pola lama bahwa pantai atau sungai adalah tempat pembuangan sampah, dan sampah harus dibakar sepenuhnya, mengakibatkan tidak adanya pengelolaan sampah dan membuat lingkungan tercemar. Salah satu hal yang harus dilakukan untuk menanggulangi permasalahan ini adalah dengan mengelolah sampah tersebut agar menjadi barang yang bernilai Estetika yaitu dengan membuat sebuah kerajinan tangan berupa bunga menggunakan limbah botol plastik. Melakukan pelatihan kepada ibu-ibu dan anak-anak tentang cara pembuatan kerajinan tangan berupa bunga yang diletakkan didaerah pesisir pantai tepatnya pada tiang ayunan yang merupakan salah satu program yang kami lakukan. Pengelolaan Limbah Botol Plastik ini diharapkan mampu memberdayakan masyarakat dan memberi kesadaran bagi masyarakat agar lebih peduli dengan sampah. Pemberdayaan Masyarakat adalah upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang sampah dan Menanamkan nilai-nilai budaya modern seperti kerja keras, hemat, keterbukaan, tanggung jawab adalah bagian penting dalam upaya pemberdayaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminudin, A & Nurwati, N. (2019). Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Kerajinan Tangan Guna Meningkatkan Kreatifitas Warga Sekitar Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan (ITB-AD) Jakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (1), 66-79.

Ayu, A. (2008). Peran Serta Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga (Studi Kasus Di Sampangan Dan Jomblang, Kota Semarang). Tesis. Universitas Diponegoro Semarang.

Azwar, Azrul. (1986). Pengantar Ilmu kesehatan Lingkungan. Jakarta: Mutiara Sumber Widya.

Damanhuri, E., dkk., (2004). Diktat Pengelolaan Sampah.

Munawar, N. (2011). Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmiah CIVIS, 1(2), 87-99

Nuraprilia, R. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Sampah Dalam Meningkatkan Kesehatan Lingkungan: Studi Deskriptif di Bank Sampah Wargi Manglayang, RW 06 Kelurahan Palasari, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung. Disertasi. UIN Sunan Gunung Djati.

Nurhidayah, P. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Bank Sampah di Dusun Serut, Desa Palbapang, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul. Jurnal Permberdayaan Masyarakat, 15(2), 1-10.

Prasetya, A. (2010). Kajian Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Secara Terpadu Di Kampung Menoreh Kota Semarang. Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang, Semarang.

Shinta, D & Vera, U. (2010). Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Melalui Pelatihan Wirausaha Produk Aksesoris Bagi Ibu Rumah Tangga. Jurnal Sarwahita. 11(2), 99-108.

Published
2020-09-26
How to Cite
Susanto, A., Putranto, D., Hartatadi, H., Luswita, L., Parina, M., Fajri, R., Sitiana, S., Septiara, S., & Amelinda, Y. S. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Sampah Dalam Mengurangi Sampah Botol Plastik Kampung Nelayan Kelurahan Tanjung Ketapang. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 94-102. https://doi.org/10.24036/abdi.v2i2.49