Membangun Kesadaran Masyarakat Dalam Pemeliharaan Bendungan Gondrok Sebuah Aksi Partisipatorif dalam Memelihara Irigasi Pertanian di Desa Bedohon, Jiwan, Madiun

  • Achmad Room Fitrianto Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
  • Athifa W. Fitri Khoirunnisa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
  • Lailatul Amaliyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
Keywords: ABCD, Irigasi, Manajemen pengairan, Pertanian, Siklus perubahan

Abstract

Desa Bedoho dengan luas wilayahnya 75% area pertanian dan 25% permukiman masyarakat, menjadikan sektor pertanian menjadi sektor andalan perekonomian warganya. Kondisi alam seperti ketersediaan air dan kelayakan irigasi menjadi penting. Indonesia pada umumnya yang memiliki dua musim, kemarau dan penghujan, menjadikan pengaturan air untuk persawahan perlu dilakukan. Dimusim penghujan air akan sangat berlimpah sedangkan di musim kemarau air menjadi barang yang susah. Gondrok yang merupakan salah satu aliran irigasi yang berfungsi untuk irigasi dan manajemen pengairan memiliki peran penting dalam keberlangsungan aktifitas pertanian warga Desa Bedoho. Penelitian berbasis pendampingan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan gondrok demi kelancaran irigasi pertanian yang ada di Desa Bedoho. Dengan menerapkan metode Asset Based Community Development (ABCD), diharapkan dapat memberikan perubahan dan memanfaatkan secara optimal aset yang sudah ada. Keterlibatan antar berbagai pihak sangat dibutuhkan dalam menerapkan metode ABCD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziis A, dkk. (2019). Mengawal Pembangunan Berbasis Aset: Usaha Desa Bedoho Menuju Desa Hijau Yang Berdikari. Surabaya: CV Jauharoh Darussalam.

Slamet, A, Fitri, A.B., Nadhif, M. & Huda, A. (2018). Pendampingan Peran dan Potensi Keagamaan, Sosial dan Ekonomi di Dusun Karangsemi Kecamatan Gondang kabupaten Nganjuk. Jurnal STAI Darussalam Nganjuk, 1(1), 1-10

Akbar, L. (2016). Sistem Saluran Irigasi Terhadap Kesejahteraan Petani di Kelurahan Tamarunang Kecamatan Somba OPU Kabupaten Gowa, Skripsi. UIN Alaudin. Makassar.

Direktorat Pengelolaan Air Irigasi. (2014). Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian, Pedoman Teknis Pengembangan Jaringan Irigasi, Kementerian Pertanian 2014.

Achmad, R.F. (2017). Religious Activities and Empowerment: Sustainable Livelihood Framework Approach in Enhancing the Desa Luworo Potencies, Journal IAIN Gorontalo, 17(1):226-247.

Eryani, P. (2014). Potensi Air dan Metode Pengelolaan Sumber Daya Air di Daerah Aliran Sungai Sowan Perancak Kabupaten Jembrana, Jurnal Paduraksa, 3(1), 32-41.

Hariyanto, H. (2018). Analisis Penerapan Sistem Irigasi Untuk Peningkatan Hasil Pertanian di Kecamatan Cepu Kabupaten Blora, Jurnal Untidar, 2(1), 29-34.

Khoirul, I. (2017). Sikap Petani Terhadap Keberadaan Irigasi dalam Peningkatan Produktivitas Padi Sawah. Skripsi. Universitas Sumatera Utara, Medan.

Munawar, A. (2007). Asset Based Communities Development (ABCD): Tipologi KKN Partisipatif UIN Sunan Kalijaga, JurnalAplikasi ilmu Agama, 8(2), 104-113.

Sri, W & Achma, R.F. (2013). Pendekatan Sustainable Livelihood Framework dalam Rangka Membongkar Dominasi Tengkulak Melalui Kegiatan Keagamaan: Studi Kasus pada Pendampingan Kuliah Kerja Nyata PAR 2012 di Desa Luworo Kecamatan Pilang Kenceng Kabupaten Madiun, Jurnal Dakwah, 14(2), 23-29

Nuryanto, A. (2015). Manajemen Perubahan Dalam Peningkatan Mutu Sekolah. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Robert L. C. & William R. M. (1998) Pengertian Kooperatif. Jakarta: Erlangga.

Supriadi. H & Rudy S. R. (2018). Pengembangan Investasi Irigasi Kecil Untuk Peningkatan Produksi Padi Mendukung Swasembada Beras. Analisis Kebijakan Pertanian, 16(1), 43-57.

Suryana, S. (2003). Kapita Selekta Evolusi Pemikiran Kebijakan Ketahanan Pangan. Yogyakarta: BPFE.

Shaw M.E & Costanzo P.R. (1982). Theories of Social Psychology. Tokyo: McGraw Hill.

Bambang. S & Effendi, P. (1996). Menuju Era Baru Pengelolaan Sumberdaya Air di Indonesia, FAE, 14(2).

Soeparno K, & Lidia S. (2011). Social Psychology The Passion Of Psychology, Buletin Psikolog, 19(1), 16-28.

Tan, J.H. & Roem, T. (2004). Mengorganisir Rakyat: Refleksi Pengalaman Pengorganisasian Rakyat di Asia Tenggara. Yogyakarta: SEAPCP & INSIST Press.

Ton, I., Jaka, S, & Deli, H. (2016). Pengembangan dan Pengelolaan Jaringan Irigasi untuk Meningkatkan Hasil Produksi dan Pendapatan Usaha Tani Padi Sawah, Jurnal Ilmu Pertanian dan Peternakan, 4 (2), 196-205.

Published
2020-09-26
How to Cite
Fitrianto, A. R., Khoirunnisa, A., & Amaliyah, L. (2020). Membangun Kesadaran Masyarakat Dalam Pemeliharaan Bendungan Gondrok Sebuah Aksi Partisipatorif dalam Memelihara Irigasi Pertanian di Desa Bedohon, Jiwan, Madiun. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 79-86. https://doi.org/10.24036/abdi.v2i2.50