Webinar Digital Marketing FB Ads Manager kepada Pelaku UMKM Batam

  • Maria Yosefina Meinadia Sekar Kinanti Aswirawan Institut Teknologi Batam
  • Assaidatul Husna Institut Teknologi Batam
Keywords: digital marketing, UMKM, internet, FB Ads

Abstract

Ketika pandemi covid 19 menyebar dan himbauan pemerintah mewajibkan masyarakat untuk melakukan aktivitas secara daring, sehingga banyak orang melihat peluang untuk menjalankan aktivitas secara daring salah satunya merupakan aktivitas bisnis. Banyak Usaha Micro Kecil Menengah yang kesulitan dalam memanfaatkan situasi pandemi sebagai ajang memasarkan produk ataupun jasa mereka dikarenakan kurangnya pengetahuan dalam memasarkan secara daring, sehingga tujuan dari kegitan webinar Digital Marketing ini adalah memberikan pengetahuan dasar dan praktek langsung kepada para UMKM yang terlibat, khususnya di Batam. Pelaksana kegiatan menggunakan kuesioner di awal dan beberapa hari setelah webinar selesai untuk mengetahui tingkat pengetahuan pemasaran digital dan persentase yang terjadi dilapangan. Kegiatan ini menjelaskan bagaimana memanfaatkan internet sebagai salah satu strategi pemasaran yang lebih luas, melalui penggunaan FB Ads Manager, platform online, dan media sosial. Dari hasil pengabdian masyarakat ini ternyata kegiatan ini dapat mendorong beberapa UMKM untuk melakukan pemasaran melalui daring dan mengerti akan teori dari pemasaran digital. Secara keseluruhan, peserta kegiatan ini memahami konsep pemasaran melalui media digital dan dapat memanfaatkannya secara maksimal untuk memperkenalkan produknya kepada masyarakat, memperluas jangkauan penjualan, menambah konsumen, dan meningkatkan penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-28
How to Cite
Aswirawan, M. Y. M. S. K., & Husna, A. (2023). Webinar Digital Marketing FB Ads Manager kepada Pelaku UMKM Batam. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(4), 514-519. https://doi.org/10.24036/abdi.v5i4.520