Profil Artikel Guru SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dalam Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah
Abstract
Kompetensi profesional guru meliputi (1) penyelenggaraan pembelajaran dan (2) menulis artikel ilmiah. Namun realitanya masih banyak guru yang masih mengalami kesulitan dalam menulis artikel ilmiah. Salah satunya dialami oleh guru Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 5 Kepanjen di Kabupaten Malang. Metode pelaksanaan dalam kegiatan pengabdian ini adalah pelatihan dan pendampingan yang meliputi enam kegiatan, (1) berbagi permasalahan dengan Pimpinan Sekolah/Kepala Sekolah dan guru, (2) ekspositori konsep dari permasalahan, (3) pelatihan penulisan artikel ilmiah, (4) pendampingan proses penulisan artikel ilmiah, (5) evaluasi kegiatan pelatihan dan pendampingan penulisan artikel ilmiah, dan (6) kegiatan publikasi artikel ilmiah di jurnal SAINTIFIK milik Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Malang. Hasil kegiatan pelatihan dan pendampingan penulisan artikel ilmiah adalah sebanyak 15 artikel ilmiah. Dari 15 artikel ilmiah, 4 artikel ilmiah telah menggambarkan artikel ilmiah hasil penelitian, sedangkan 11 artikel ilmiah lainnya masih belum menggambarkan artikel ilmiah hasil penelitian, namun lebih mirip dengan artikel hasil pemikiran.