Peningkatan Promosi dan Berdaya Saing Minuman Tradisional (Jamu) di Pasar Ritel
Abstract
Tujuan dari adanya pengabdian ini adalah untuk mengembangkan minuman tradisional kunyit agar lebih modern dari segi proses pembuatan dan packaging agar mudah dikonsumsi dan mampu bersaing di pasar ritel. Produk simplisia kunyit merupakan olahan dari kunyit yang dikeringkan melalui alat dehydrator kemudian berbentuk serbuk dalam kemasan kantong celup. Hal ini tentunya memudahkan dalam penyimpanan karena dapat tahan lama. Gagasan yang melatarbelakangi usaha ini agar simplisia kunyit lebih mudah dikonsumsi dan diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Namun usaha simplisia kunyit memiliki permasalahan terkait kurangnya pemasaran dalam produknya, masih belum beragam varian produk dan kurang menariknya pengemasan. Hasil pengabdian memberikan pelatihan packaging produk yang baik dan modern serta membantu memasarkan di pasar ritel. Dengan pengabdian yang dilakukan packaging sudah menarik dan deskripsi produk yang tertera pada kemasan sudah informatif dan jelas.