Peningkatan Promosi dan Berdaya Saing Minuman Tradisional (Jamu) di Pasar Ritel

  • Rozikan Rozikan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Muhsin Hariyanto Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Abstract

Tujuan dari adanya pengabdian ini adalah untuk mengembangkan minuman tradisional kunyit agar lebih modern dari segi proses pembuatan dan packaging agar mudah dikonsumsi dan mampu bersaing di pasar ritel. Produk simplisia kunyit merupakan olahan dari kunyit yang dikeringkan melalui alat dehydrator kemudian berbentuk serbuk dalam kemasan kantong celup. Hal ini tentunya memudahkan dalam penyimpanan karena dapat tahan lama. Gagasan yang melatarbelakangi usaha ini agar simplisia kunyit lebih mudah dikonsumsi dan diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Namun usaha simplisia kunyit memiliki permasalahan terkait kurangnya pemasaran dalam produknya, masih belum beragam varian produk dan kurang menariknya pengemasan. Hasil pengabdian memberikan pelatihan packaging produk yang baik dan modern serta membantu memasarkan di pasar ritel. Dengan pengabdian yang dilakukan packaging sudah menarik dan deskripsi produk yang tertera pada kemasan sudah informatif dan jelas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-22
How to Cite
Rozikan, R., & Hariyanto, M. (2024). Peningkatan Promosi dan Berdaya Saing Minuman Tradisional (Jamu) di Pasar Ritel. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(1), 19-24. https://doi.org/10.24036/abdi.v6i1.529