Pengembangan Kegiatan Pembelajaran Berbasis Flipped Learning di SMPN Satu Atap 2 Palangka Raya

  • Lesly Martha Cecylia Meka Universitas Palangka Raya
  • Olga Dona Retsi Universitas Palangka Raya
  • Akhmad Fauzan Universitas Palangka Raya

Abstract

Flipped Learning adalah model pembelajaran yang berpusat kepada siswa dan memanfaatkan teknologi untuk memperkaya pengalaman belajar mereka. Oleh karena itu, guru perlu diberikan pelatihan tentang konsep dan praktik Flipped Learning agar dapat mengimplementasikan model pembelajaran ini dengan baik. Pelatihan pembelajaran Flipped Learning ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang konsep Flipped Learning dan cara penerapannya di dalam kelas. Materi pelatihan ini mencakup pengenalan Flipped Learning, teknologi dan alat yang digunakan dalam Flipped Learning, perencanaan dan desain pembelajaran Flipped Learning, serta evaluasi dan pengukuran hasil belajar. Pelatihan ini dilaksanakan di SMPN Satu Atap 2 Palangka Raya (Kalimantan Tengah) dan peserta pelatihan adalah guru-guru mata pelajaran yang berjumlah 11 orang. Kegiatan dalam pelatihan ini terdiri dari pendalaman materi, pengembangan kegiatan pembelajaran, dan Focus Group Discussion (FGD). Melalui pelatihan ini, guru-guru di sekolah tersebut telah mampu merancang dan mengembangkan model pembelajaran Flipped Learning sesuai dengan mata pelajaran yang mereka ajar untuk jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-15
How to Cite
Meka, L. M. C., Retsi, O. D., & Fauzan, A. (2023). Pengembangan Kegiatan Pembelajaran Berbasis Flipped Learning di SMPN Satu Atap 2 Palangka Raya. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(4), 460-466. https://doi.org/10.24036/abdi.v5i4.538