Pengembangan Bisnis Online Melalui Marketplace Sebagai Upaya Pengembangan Potensi Lokal di Desa Sewurejo KHDTK UNS Karanganyar

  • Sri Hilmi Pujihartati Universitas Sebelas Maret
  • Mahendra Wijaya Universitas Sebelas Maret
  • Marimin Marimin Universitas Sebelas Maret
  • Sudarsana Sudarsana Universitas Sebelas Maret
  • Sudarsana Sudarsana Universitas Sebelas Maret

Abstract

Latar belakang pengabdian ini adalah adanya perubahan paradigma dalam berbisnis dari konvensional menjadi online, terutama di era globalisasi dan teknologi informasi yang semakin maju. Desa Sewurejo, KHDTK UNS Karanganyar menjadi contoh dalam pengembangan bisnis online di tingkat desa, sebagai bagian dari program pengabdian kepada masyarakat oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Artikel ini memaparkan proses pengabdian yang dilakukan, mulai dari tahap penyuluhan dan sosialisasi, pelatihan teknis, hingga pendampingan dan evaluasi. . Program pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat desa terkait pengembangan bisnis online melalui marketplace. Hasil yang dicapai meliputi peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam berbisnis online, peningkatan pendapatan, dan pemberdayaan potensi lokal. Meski dihadapkan pada tantangan seperti keterbatasan akses dan keterampilan teknologi, program ini berhasil memberikan dampak positif dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Sewurejo.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-28
How to Cite
Pujihartati, S. H., Wijaya, M., Marimin, M., Sudarsana, S., & Sudarsana, S. (2024). Pengembangan Bisnis Online Melalui Marketplace Sebagai Upaya Pengembangan Potensi Lokal di Desa Sewurejo KHDTK UNS Karanganyar. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(1), 60-64. https://doi.org/10.24036/abdi.v6i1.549