Pendampingan Digitalisasi Produk Ibu Rumah Tangga di Tanggulangin

  • Rizma Ayu Angeli Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Poppy Febriana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ainur Rochmaniyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Abstract

Usaha mikro kecil menengah (UMKM) adalah sektor bisnis yang mencakup berbagai jenis usaha dengan skala mikro, kecil hingga menengah. Ibu Anis merupakan pelaku bisnis rumahan yang berjualan banyak barang dibidang fashion, diantaranya adalah pakaian, tas, aksesoris kepala, dan lain-lain. Bisnis ibu Anis ini telah dimulai sejak tahun 2017, dalam memasarkan barangnya ibu Anis hanya dari mulut ke mulut tanpa berjualan online tapi bisa mempunyai distributor dan laris, bisnis ibu Anis ini juga belum memiliki merek/citra miliknya sendiri. Jadi dalam hal ini penulis membuat output untuk Kegiatan Abdi Masyarakat ini adalah Logo untuk online Shop, membuat label Packaging, dan melakukan pendampingan dalam hal Penggunaan E-commerce. Dengan memiliki merek sendiri, produk yang ibu Anis jual diharapkan dapat bersaing dengan produk lainnya. Selain itu melalui media sosial masyarakat umum dapat mengenal merek dari produk-produk milik ibu Anis. Dalam pengabdian kepada masyarakat, bertujuan untuk mencapai pengakuan dalam jurnal nasional yang terindeks serta publikasi melalui media massa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-28
How to Cite
Angeli, R. A., Febriana, P., & Rochmaniyah, A. (2024). Pendampingan Digitalisasi Produk Ibu Rumah Tangga di Tanggulangin. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(1), 93-100. https://doi.org/10.24036/abdi.v6i1.559