Integrasi Pendidikan Al-Qur’an dan Budaya Alam Minangkabau Dalam Setting Pembelajaran Daring
Abstract
Perkembangan teknologi informasi yang membawa kepada zaman keterbukaan bisa saja membawa dampak buruk bagi generasi muda di Indonesia. Pengaruh negatif dari keterbukaan tersebut dapat berupa penyimpangan perilaku dan gaya hidup. Sebagai antisipasinya sistem pendidikan di Indonesia menyediakan pendidikan karakter. Dalam kurikulum 2013 pendidikan karakter diselenggarakan dengan cara pengintegrasian nilai-nilai karakter bangsa dengan matapelajaran yang ada di Sekolah Menengah Atas. Di Sumatera Barat pengintegrasian pendidikan karakter tersebut dilaksanakan dengan integrasi pendidikan Al-Qur’an dan Budaya Alam Minangkabau dengan matapelajaran Sosiologi. Implementasi program pendidikan karakter di Sumatera Barat ternyata belum mencapai hasil yang maksimal. Data penelitian menunjukkan masih banyak Guru-guru di Sumatera Barat yang belum bisa melaksanakan program pengintegrasian. Dengan demikian maka pelatihan pengintegrasian ini penting dilaksanakan. Metode yang dipakai adalah Seminar dan Workshop. Pengabdian dapat dikatakan berhasil karena 83 % peserta kegiatan berhasil membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Media dan Materi ajar sosiologi terintegrasi dengan pendidikan Al-Qur’an dan Budaya Alam Minangkabau.
Downloads
References
Agustina. (2012). Pembelajaran Budaya Alam Minangkabau (BAM) sebagai Wadah Pelestarian Kearifan Lokal: antara Harapan dan Kenyataan. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, 13(1). https://doi.org/10.24036/komposisi.v13i1.3926
Azoulay, P., Ding, W., & Stuart, T. (2007). The determinants of faculty patenting behavior: Demographics or opportunities? Journal of Economic Behavior & Organization, 63(4), 599–623.
Bowe, B. J., & Wohn, D. Y. (2015). Are There Generational Differences? Social Media Use and Perceived Shared Reality. ACM International Conference Proceeding Series, 2015-July(July). https://doi.org/10.1145/2789187.2789200
Depiyanti, O. M. (2014). MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DI ISLAMIC FULL DAY SCHOOL (Studi Deskriptif pada SD Cendekia Leadership School, Bandung). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education. https://doi.org/10.17509/T.V1I2.3769
Dewi, S., Listyowati, D., & Napitupulu, B. E. (2018). Bonus Demografi Di Indonesia: Suatu Anugerah Atau Petaka. Journal Of Information System, Applied, Management, Accounting And Research, 2(3), 17–23.
Eka Putri, Y., & Fernandes, R. (2019). Pelaksanaan Integrasi Pendidikan Karakter Nilai Al-Qur’an dan Nilai Budaya Alam Minangkabau Dalam Pembelajaran Sosiologi (Studi Kasus: SMA Negeri 2 Padang dan SMA Adabiah Padang). Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i1.8
Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal. https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1225
Fernandes, R. (2019). Relevansi Kurikulum 2013 dengan kebutuhan Peserta didik di Era Revolusi 4.0. SOCIUS. https://doi.org/10.24036/scs.v6i2.157
Junaidi, Susilawati, N., Fernandes, R., Sylvia, I., & Putra, E. V. (2020). Integration of Al-Quran Education and Minangkabau Culture on Subjects in Formal Schooling. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200217.029
Komariah, A., Kurniady, D. A., & Rusdinal. (2019). The relationship between the role of a principal and quality of school academic service: The mediating function of teacher commitment. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 9(3), 19–34.
Koumachi, B. (2019). “Digital Natives” Mythbusted The Digital Turn in Higher Education: “Digital Natives” Mythbusted. International Journal of Technology in Education and Science (IJTES), 3(1), 56–62. Retrieved from www.ijtes.net
Kristiawan, M. (2016). Filsafat Pendidikan The Choice Is Yours. Yogyakarta: Valia Pustaka.
Li, Y., Wang, Q., & Lei, J. (2020). Exploring Technology Professional Development Needs of Digital Immigrant Teachers and Digital Native Teachers in China. International Journal of Information and Communication Technology Education, 16(3), 15–29. https://doi.org/10.4018/ijicte. 2020070102
O’Bannon, B. W., & Thomas, K. (2014). Teacher perceptions of using mobile phones in the classroom: Age matters! Computers and Education, 74, 15–25. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.01.006
Prensky, M. (2001a). Digital Native, Digital Immigrant Part 1. On the Horizon, 9(5), 1–6.
Prensky, M. (2001b). Digital Natives, Digital Immigrants. MCB University Press, 9(5), 1–6.
Priyatna, M. (2017). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(10).
Puspito, D. W. (2017). Implementasi Literasi Digital Dalam Gerakan Literasi Sekolah. Konferensi Bahasa Dan Sastra (International Conference on Language, Literature, and Teaching) II.
Ransdell, S., Kent, B., Gaillard-Kenney, S., & Long, J. (2011). Digital immigrants fare better than digital natives due to social reliance. British Journal of Educational Technology, 42(6), 931–938. https://doi.org/10.1111/j.1467-8535.2010.01137.x
Riegel, C., & Mete, R. (2017). Educational Technologies for K-12 Learners: What Digital Natives and Digital Immigrants Can Teach One Another. Educational Planning, 24(4), 49–58.
Rosyidah, F. N., & Nurdin, M. F. (2018). Media Sosial: Ruang Baru dalam Tindak Pelecehan Seksual Remaja. Sosioglobal: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Sosiologi, 2(2), 38–48.
Rosyidah, S. K. (2017). PENGARUH GLOBALISASI DALAM PERKEMBANGAN PERJUANGAN IDENTITAS DAN HAK KELOMPOK LGBT DI INDONESIA. Global Dan Policy, 5(02).
Subandowo, M. (2017). Peradaban dan Produktivitas dalam Perspektif Bonus Demografi serta Generasi Y dan Z. SOSIOHUMANIKA, 10(2), 191–208.
Viner, R. M., Russell, S. J., Croker, H., Packer, J., Ward, J., Stansfield, C., … Booy, R. (2020). School closure and management practices during coronavirus outbreaks including COVID-19: a rapid systematic review. The Lancet Child & Adolescent Health, 0(0), 397–404. https://doi.org/10.1016/S2352-4642(20)30095-X