Pengembangan Nilai Tambah UMKM Unggulan Lereng Gunung Muria Melalui Inovasi Produk Baru dan Sertifikasi Halal

  • Rozaq Muhammad Yasin Universitas Muria Kudus
  • Keke Tamara Fahira Universitas Muria Kudus
  • Heny Alpandari Universitas Muria Kudus

Abstract

UMKM di lereng gunung Muria yaitu Kopi Robusta Muria Zayna dan Recolta Parijoto masih minim pengetahuan tentang pentingnya sertifikasi halal produk, pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang inovatif agar mampu menciptakan diversifikasi produk dan menjalankan strategi pemasaran yang baik. Kondisi tersebut berdampak pada kemungkinan tutupnya suatu usaha atau adanya pengambil alihan branding atas produk Robusta Muria dan Parijoto dari daerah lain. Padahal Robusta Muria dan Parijoto termasuk produk hasil pertanian yang menjadi unggulan/ciri khas dari Gunung Muria. Metode yang digunakan dalam program pengabdian ini meliputi 1) Sosialisasi; 2) Pendampingan; 3) Pelatihan; dan 4) Monitoring dan Evaluasi yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran mitra. Berdasarkan program yang telah dilakukan produk mitra sudah tersertifikasi halal, kemampuan SDM meningkat melalui uji pretest dan post-test pelatihan dan mampu menciptakan inovasi produk baru dari kulit kopi berupa teh cascara, teh celup parijoto dan kopi parijoto. Analisis menunjukkan bahwa terjadi perbedaan pengetahuan antara sebelum dan sesudah pengabdian dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-28
How to Cite
Yasin, R. M., Fahira, K. T., & Alpandari, H. (2024). Pengembangan Nilai Tambah UMKM Unggulan Lereng Gunung Muria Melalui Inovasi Produk Baru dan Sertifikasi Halal. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(1), 110-117. https://doi.org/10.24036/abdi.v6i1.607