Menumbuhkembangkan Budaya Literasi Anak Asuh Panti Asuhan Al-Hidayah Kota Padang Melalui Pendampingan dengan Menggunakan Pendekatan Pedagogi

  • Khairul Fahmi Universitas Negeri Padang
  • Nora Susilawati Universitas Negeri Padang
  • Rahmullaily Rahmullaily STMIK Indonesia Padang

Abstract

PKM Menumbuhkembangkan budaya literasi anak asuh Panti Asuhan, dilaksanakan di Panti Asuhan Al-Hidayah Padang. Permasalahan utama yang dihadapi mitra (1) Kurangnya kesadaran dan motivasi anak asuh terhadap membaca buku teks (literasi baca) dan memahami pelajaran di bidang numerik (literasi Numerasi); (2) Belum memadai sarana dan prasarana penunjang budaya literasi di panti asuhan. Dengan permasalahan tersebut solusi yang ditawarkan adalah (1) Meningkatkan kesadaran dan motivasi anak asuh dalam budaya literasi melalui pendampingan dan pembinaan terhadap anak asuh; (2) Peningkatan jumlah dan ragam sumber bacaan bermutuĀ  melalui pengoptimalan sumber belajar/ buku bacaan yang tersedia di panti asuhan; (3) Optimalisasi sarana literasi dan perluasan akses terhadap sumber bacaan melaui penciptaan kenyamanan ruang baca/ belajar panti asuhan dan pemanfaatan akses internet yang tersedia di panti asuhan untuk menjangkau bahan bacaan penunjang. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah (1) Meningkatnya kesadaran dan motivasi anak asuh dalam budaya literasi; (2)Terlaksananya pendampingan dan pembinaan terhadap anak asuh dalam menumbuhkembangkan budaya literasi; (3)Teroptimalkan sumber belajar yang tersedia di perpustakaan panti asuhan; (4) Penambahan jumlah dan ragam sumber bacaan bermutu; (5) Terciptanya kenyamanan ruang belajar/ ruang baca; (6) Termanfaatkan akses internet yang tersedia di panti asuhan untuk menjangkau bahan bacaan penunjang. Target luaran tersebut akan dicapai dengan menggunakan metode pembinaan melalui pemberian materi dan pelatihan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pedagogi karena objek dari kegiatan ini adalah anak-anak. Keberlanjutan dari PKM ini adalah, Kemitraan Panti Asuhan Al-hidayah dengan Jurusan Sosiologi UNP dalam bidang literasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-27
How to Cite
Fahmi, K., Susilawati, N., & Rahmullaily, R. (2021). Menumbuhkembangkan Budaya Literasi Anak Asuh Panti Asuhan Al-Hidayah Kota Padang Melalui Pendampingan dengan Menggunakan Pendekatan Pedagogi. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 166-174. https://doi.org/10.24036/abdi.v3i2.61