Kompetensi Guru SMK dalam Memahami dan Implementasi Soal Berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka

  • Kamin Sumardi Universitas Pendidikan Indonesia
  • M. Syaom Barliana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dedi Rohendi Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Taksonomi Bloom yang telah direvisi oleh Anderson and Krathwohl bahwa high order thinking skills adalah kemampuan berpikir pada tingkat yang lebih tinggi yang melibatkan kemampuan menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Kemampuan membuat soal berbasis HOTS harus dimiliki oleh Guru SMK dalam konteks kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan memperoleh data pengetahuan dan implementasi soal berbasis HOTS oleh guru SMK dalam kurikulum merdeka. Metode pelatihan menggunakan  in house training. Pelatihan dilaksanakan pada bulan Agustus 2023 di aula SMKN 1 Pebayuran, kabupaten Bekasi. Instrumen yang digunakan yaitu angket yang menggunakan google form. Responden pelatihan adalah guru SMK sebanyak 40 orang.  Hasil pelatihan menunjukkan bahwa 89% guru sudah memahami soal berbasis HOTS. Sebanyak 90% guru SMK sudah mengimplementasikan soal dalam kegiatan belajar mengajar. Sebanyak 92% guru sudah mendapatkan pelatihan cara membuat soal berbasis HOTS. Kemampuan guru dalam pemahaman, implementasi dan pelatihan soal berbasis HOTS dipengaruhi oleh jenis kelamin, usia, pengalaman mengajar dan pelatihan. Guru SMK dapat menggunakan soal berbasis HOTS dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas lulusan sesuai tuntutan kompetensi abad 21.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-28
How to Cite
Sumardi, K., Barliana, M. S., & Rohendi, D. (2024). Kompetensi Guru SMK dalam Memahami dan Implementasi Soal Berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(1), 127-131. https://doi.org/10.24036/abdi.v6i1.620