Peningkatan Kapasitas Penjualan UMKM Mie Ayam ‘Mas Dono’ Desa Trihanggo, Kecamatan Gamping

  • Juhari Sasmito Aji Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Reza Widhar Pahlevi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Kemala Hayati Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Abstract

UMKM menjadi pilar perekonomian skala nasional, untuk memberikan kontribusi pada penyerapan tenaga kerja, sector tersebut memiliki peran pemerataan pendapatan dan wadah social ekonomi masyarakat. akan tetapi Sebagian UMKM belum mampu berkembang, sebagaimana yang ditemukan oleh tim pengabdi bahwa UMKM Mie Ayam Mas Dono mengalami permasalahan dalam bidang pemasaran produk yang konvesional, rendahnya Kompetensi dan Keterampilan SDM dalam mengelola bisnis, omset penjualan yang mengalami penurunan secara signifikan pada masa pandemic, dan arus kas yang dihasilkan negatif selama pandemic. Oleh karenanya, tim pengabdi memberikan tindakan solutif melalui tahap pembuatan konten berbasis digital, melaksanakan pendampingan dan pelatihan, meningkatkan mutu kualitas produk dan melakukan pemasaran secara intens, melakukan perencanaan penggaran modal ulang, membuat data secara digital dan terpadu. Sesudah dilaksanakan kegiatan pengabdian, tim pengabdi akan melakukan evaluasi bersama kelompok sasaran untuk mengoreksi hal-hal yang tidak ada kesesuaian dengan perencanaan, serta merekap dampak dari hasil pengabdian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-28
How to Cite
Aji, J. S., Pahlevi, R. W., & Hayati, K. (2024). Peningkatan Kapasitas Penjualan UMKM Mie Ayam ‘Mas Dono’ Desa Trihanggo, Kecamatan Gamping. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(1), 140-148. https://doi.org/10.24036/abdi.v6i1.641