Pelatihan Geo-Augmented Reality (Geo-AR) Sebagai Media Peningkatan Kecerdasan Spasial Siswa TK Pembangunan Laboratorium UNP
Abstract
Kecerdasan spasial, juga dikenal sebagai kecerdasan spasial visual atau penalaran spasial adalah kemampuan untuk membayangkan atau memvisualisasikan dalam pikiran seseorang posisi objek, bentuknya, hubungan spasialnya satu sama lain, dan gerakan yang dibuat untuk membentuk hubungan spasial baru. Ini adalah kemampuan untuk melakukan visualisasi spasial dan penalaran spasial di dalam pikiran seseorang. Kemampuan ini sangat diperlukan untuk menunjang kemampuan anak dalam memahami lingkungan sekitarnya. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan penggunaan Geo-Augmented Reality (Geo-AR) bagi guru Taman Kanak-kanak (TK) Pembangunan Universitas Negeri Padang (UNP). Pemilihan sekolah dikarenakan kemudahan akses bagi tim pengabdian dan kemudahan koordinasi karena masih berada dalam lingkungan kampus UNP. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan berupa ceramah untuk konsep dan berupa praktik penggunaan Geo-AR bagi guru dan siswa TK. Diharapkan Guru terampil dalam penggunaan Geo-AR ini karena Geo-AR diberikan kepada sekolah TK Pembangunan UNP untuk digunakan secara mandiri selepas kegiatan pengabdian masyarakat oleh tim selesai. Hasil dari kegiatan ini adalah guru menjadi sangat terbantu dalam penyampaian materi mengenai bentang lahan atau topografi yang mendukung kecerdasan spasial siswa TK. Di samping itu, siswa TK sangat antusias karena Geo-AR memanfaatkan media pasir dalam memvisualisasikan bentang lahan yang diarahkan oleh guru. Secara lebih luas tidak menutup kemungkinan program ini juga dikenalkan kepada sekolah TK di Kota Padang.