Program Padi dan Cipon Festival Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM di Desa Ciherang Pondok Melalui Pemanfaatan Marketplace
Abstract
Desa Ciherang pondok merupakan desa di Kecamatan Caringin yang memiliki potensi yang sangat tinggi namun tidak diimbangi dengan program desa dan pengetahuan digital marketing yang cukup, yang bertujuan untuk meningkatkan permintaan dan pendapatan UMKM. Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan pendapatan dan permintaan produk melalui program Cipon Festival dan Padi Cipon. Pendampingan ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR). Tahapan yang dilakukan meliputi : wawancara, diskusi, pendampingan dan output. Hasil yang di peroleh dalam pengabdian ini adalah meningkatnya keterampilan pemilik UMKM dalam menggunakan marketplace dengan terciptanya Toko Online, terciptanya logo UMKM, dan meningkanya pendapatan serta permintaan produk UMKM. Berdasarkan hasil yang dicapai dalam pengabdian ini maka sebaiknya program ini dapat dilanjutkan dan dikelola oleh pemilik usaha sehingga Program yang sudah dibuat dapat berkembang. Dampak yang dirasakan bagi UMKM adalah meningkatnya permintaan produk dan pendapatan, sedangkan bagi desa adalah mengetahui UMKM yang memiliki potensi sehingga desa dapat membuat program untuk mendorong perkembangan UMKM. Dan manfaat program pengabdian bagi universitas adalah memperkuat hubungan dengan masyarakat serta melakukan hilirisasi hasil riset dan implementasi pengetahuan untuk kemajuan UMKM.