Edukasi Literasi Makanan Sehat: Penyusunan Menu dan Model Bekal Sekolah Pada Kader Posyandu di Desa Borisallo Kabupaten Gowa

  • Hasriwiani Habo Abbas Universitas Muslim Indonesia
  • Hasnaeni Hasnaeni Universitas Muslim Indonesia
  • Septiyanti Septiyanti Universitas Muslim Indonesia

Abstract

Status gizi anak sekolah di Desa Borisallo Kabupaten Gowa dari hasil pengukuran antropometri sekitar 60% kekurangan gizi dikarenakan BB/Umur masuk kategori kurus. Rendahnya status gizi anak sekolah di Desa Borisallo dikarenakan perilaku jajan anak usia sekolah sangat tinggi. Tujuan PKM adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra (kader posyandu) dalam literasi healthy food dan penyusunan menu bekal dan model bekal sekolah untuk meningkatkan status gizi anak sekolah. Metode yang digunakan dalam edukasi ini adalah ceramah, diskusi dan praktek. Peserta pelatihan edukasi ini adalah para kader posyandu Melati di Desa Boriallo sebanyak 23 orang. Evaluasi yang di gunakan adalah pre dan post test. Hasil pelaksanaan pelatihan ini menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan cara berliterasi digital tentang healthy food, yaitu 91% dan 78%. Kemampuan penyusunan menu bekal sekolah terjadi peningkatan kategori pengetahuan dan keterampilan yaitu 83% dan 91%. Pelatihan ini sangat berguna bagi kader dikarenakan mereka belum pernah mendapatkan pelatihan tersebut. Diharapkan dengan terlatihnya para kader maka kader ini akan menjadi pendamping edukasi masalah gizi. Hal ini di sebabkan masalah gizi di tingkat sekolah dasar merupakan masalah yang double burden yaitu masalah gizi kurang, stunting belum teratasi maka muncul masalah gizi lainnya yatu obesitas dan kejadian gizi lebih.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-27
How to Cite
Abbas, H. H., Hasnaeni, H., & Septiyanti, S. (2023). Edukasi Literasi Makanan Sehat: Penyusunan Menu dan Model Bekal Sekolah Pada Kader Posyandu di Desa Borisallo Kabupaten Gowa. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(4), 557-564. https://doi.org/10.24036/abdi.v5i4.740