Pelatihan Penyusunan Soal Diagnostik Konsepsi Peserta Didik pada Materi Kimia di MGMP Kimia Gresik Jawa Timur
Abstract
Guru memastikan informasi dipahami peserta didik secara benar dengan cara memetakan konsepsinya. Pemetaan konsepsi ini perlu dilakukan untuk mengurangi miskonsepsi pada konsep tertentu dan mencegah miskonsepsi berkelanjutan pada konsep lain. Untuk itu, guru perlu memiliki kemampuan dalam mendeteksi miskonsepsi pada peserta didik. Namun berdasarkan diskusi dengan beberapa guru kimia di Kabupaten Gresik menunjukkan bahwa kemampuan deteksi ini perlu ditingkatkan. Hal ini menjadi dasar bagi tim pengabdian kepada masyarakat untuk memberikan pelatihan penyusunan soal diagnostik konsepsi peserta didik pada materi kimia di Kabupaten Gresik dengan mengacu Three Tier Diagnistic Test. Pelatihan dimulai dengan penyampaian informasi tentang tes diagnostik dan pengembangan tes diagnostik oleh guru. Berdasarkan hasil pengembangan tes diagnostik menunjukkan 6 dari 9 peserta telah menyusun soal tes diagnostik yang meliputi tier 1 sampai tier 3 secara lengkap untuk materi larutan penyangga, asam-basa, hidrolisis, kesetimbangan kimia, reaksi kimia, struktur atom, ikatan kimia, dan hukum dasar kimia.