Pelatihan Praktis Model Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Keterampilan Pedagogik Guru IPS

  • Didin Saripudin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Neiny Ratmaningsih Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dian Noor Anggraini Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Realita di lapangan menunjukkan bahwa pada umumnya guru masih memiliki kesulitan dalam mengembangkan kompetensi pedagogik, diantaranya dalam memahami kebutuhan kesiapan, minat belajar dan profil belajar peserta didik. Menurunnya nilai kompetensi pedagogik di Kabupaten Subang menjadikan prioritas utama bagi kami untuk terus meningkatkan profesionalisme guru melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan. Kendala ini disebabkan diantaranya karena kurangnya pendidikan dan pelatihan yang efektif untuk pengembangan profesionalisme guru. Untuk itu, kami mengadakan pelatihan bagaimana mengintegrasikan pembelajaran IPS dengan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Pengabdian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pedagogik guru IPS. Khalayak yang menjadi sasaran pelatihan keterampilan literasi digital melalui pembelajaran IPS bagi guru SMP adalah para guru IPS di Kabupaten Subang dengan target peserta berjumlah 92 orang. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa: Tahapam penyelenggaraan pelatihan ada tiga hal yang dilakukan oleh Tim Pengabdian dan Panitia Penyelenggara, yaitu Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan Pelatihan, dan Tahap Evaluasi Kegiatan. Program pelatihan ini mampu meningkatkan keterampilan pedagogik guru yang ditunjukkan dengan beberapa indikator yang di antaranya : mampu memahami karakteristik peserta didik, merencanakan pembelajaran, menyelenggarakan pembelajaran, menyelenggarakan penilaian, dan memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-13
How to Cite
Saripudin, D., Ratmaningsih, N., & Anggraini, D. N. (2024). Pelatihan Praktis Model Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Keterampilan Pedagogik Guru IPS. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(2), 333-343. https://doi.org/10.24036/abdi.v6i2.788