Pemberdayaan Pelaku UMKM Melalui Pendampingan Penentuan Harga Pokok Harga Jual Produk dan Pemasaran Digital

  • Hasan Mukhibad Universitas Negeri Semarang
  • Prabowo Yudo Jayanto Universitas Negeri Semarang
  • Indah Anisykurlillah Universitas Negeri Semarang
  • Risanda Alirastra Budiantoro Universitas Negeri Semarang
  • Fitrarena Widhi Rizkyana Universitas Negeri Semarang

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh Pusat Belanja Sahabat Lingkungan Kalisalak (Pujasalika) adalah kurangnya pengetahuan dari proses pencatatan keuangan dan minimnya pengetahuan dan kemampaun dalam pemasaran digital. Kegiatan pengabdian ini dilakukan untuk memberikan pemahaman dan skill bagi pelaku usaha UMKM dalam melakukan pencatatan atas transaksi usahanya, khususnya dalam mengidentifikasi biaya produksi dan perhitungannya. Selain itu, pengabdian ini dilakukan untuk memberikan kemampuan mitra dalam melakukan digital marketing melalui berbagai platform e-commerce. Karena luasnya kegiatan ini, maka untuk mengefektifkan tujuan pengabdian, pelaksanaan pengabdian dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dan pelatihan dan pendampingan. Metode pelaksanaan pelatihan dilakukan dengan pendekatan ceramah, dan studi kasus. Evaluasi kegiatan pelaksanaan pelatihan dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada semua peserta sebelum dan setelah kegiatan (pre- dan post-test). Hasil penilaian pre-test dan post-test menghasilkan nilai rata-rata yang mengarah pada peningkatan pemahaman pelaku UMKM atas materi pelatihan. Selain itu, hasil uji paired-t-test menghasilkan signifikansi 0.000 dan mengindikasikan bahwa pelatihan telah dilaksanakan secara efektif dalam meningkatkan pemahaman dan skill pelaku UMKM dalam mengidentifikasi biaya produksi, penentuan harga pokok produksi, penentuan harga jual serta digital marketing

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-13
How to Cite
Mukhibad, H., Jayanto, P. Y., Anisykurlillah, I., Budiantoro, R. A., & Rizkyana, F. W. (2024). Pemberdayaan Pelaku UMKM Melalui Pendampingan Penentuan Harga Pokok Harga Jual Produk dan Pemasaran Digital. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(2), 355-361. https://doi.org/10.24036/abdi.v6i2.797