Pengembangan dan Pelatihan Website Sistem Informasi Kepariwisataan (SIK) Nagari Dalko Sebagai Media Promosi Daya Tarik Wisata “Seribu Sarasah”

  • Yusdinul Huda Universitas Negeri Padang
  • Ridho Bayu Yefterson Universitas Negeri Padang
  • Elfi Tasrif Universitas Negeri Padang

Abstract

Ketidak-tersedianya informasi menjadi hambatan pemasaran layanan kepariwisataan. Informasi tentang paket wisata yang ditawarkan kepada calon wisatawan dan promosi, tidak terdapat secara online di Sistem yang berisi informasi terkait dengan kepariwisataan di Nagari ini. Permasalahan ini disebabkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola wisata yang belum memiliki skill untuk mengelola informasi kepariwisataan melalui Sistem Kepariwisataan. Solusi dari permasalahan Nagari Dalko melaui pengembangan Sistem Informasi Kepariwisataan (SIK) dan pengemasan paket wisata Nagari Dalko. Metode dalam pendampingan adalah melalui pengembangan Website, Pelatihan admin Website dan Focus Group Discussion (FGD) Pengemasan Paket Wisata. Pelatihan Admin Website Sistem Informasi dan FGD melibatkan para pelaku pariwisata, seperti pengelola wisata, pemandu wisata, dan pelaku usaha di sekitar Nagari Wisata "Seribu Sarasah". Hasil dari kegiatan pengabdian menghasilkan pertama, Website Sistem Informasi Kepariwisataan. Kedua, kegiatan pengabdian menghasilkan kemasan paket wisata Nagari Dalko melalui kegiatan FGD. Ketiga, Pelatihan penggunaan dan Pengembangan Sistem Informasi kepariwisataan kepada admin telah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan admin dalam menggunakan Website Sistem Informasi Kepariwisataan, ditandainya perubahan dari perbandingan hasil pretes dan postest dengan peningkatan 90 %.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-09-21
How to Cite
Huda, Y., Yefterson, R. B., & Tasrif, E. (2024). Pengembangan dan Pelatihan Website Sistem Informasi Kepariwisataan (SIK) Nagari Dalko Sebagai Media Promosi Daya Tarik Wisata “Seribu Sarasah”. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(3), 502-509. https://doi.org/10.24036/abdi.v6i3.874