Pendampingan Optimalisasi Social Commerce Bagi UMKM di Kelurahan Wangurer Barat Kota Bitung

  • Aditya Pandowo Universitas Negeri Manado
  • Lenny Evinita Universitas Negeri Manado
Keywords: Pendampingan, Social commerce, UMKM

Abstract

Penggunaan teknologi informasi sebagai alat penunjang promosi menjadi semakin hegemonik semenjak Covid 19 melanda dunia. Perpindahan pola pembelian secara daring turut mendukung percepatan penggunaan social commerce. Sesuai dengan visi dan misi pemerintah Kota Bitung yang hendak mewujudkan Kota Bitung sebagai kota digital menuju Smart City, maka dipandang perlu untuk memberikan pembekalan dalam bentuk pendampingan bagi pelaku UMKM Kota Bitung khususnya yang berada di Kelurahan Wangurer Barat, Kecamatan Madidir. Adapun yang terlibat dalam kegiatan ini adalah pemilik warung kelontongan, kuliner, dan bengkel sederhana. Pelaksanan pembekalan dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, tutorial, praktik mandiri, dan diskusi dengan total kegiatan selama 8 jam. Temuan dalam kegiatan pengabdian ini menunjukkan kecenderungan penggunaan media sosial dan marketplace lainnya belum dilakukan secara optimal. Dengan pelaksanaan program pengabdian pada masyarakat ini, diharapkan adanya peningkatan penghasilan dan memperluas jangkauan penjualan bagi pelaku UMKM dalam memasarkan produknya melalui program pemasaran melalui media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-09-21
How to Cite
Pandowo, A., & Evinita, L. (2024). Pendampingan Optimalisasi Social Commerce Bagi UMKM di Kelurahan Wangurer Barat Kota Bitung. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(3), 455-462. https://doi.org/10.24036/abdi.v6i3.880