Praktik Wirausaha Siswa SMK Assa’adatul Abadiyah Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi
Abstract
Tujuan pendidikan di SMK ialah menghasilkan lulusan yang bukan saja siap kerja, melainkan juga memiliki peluang berwirausaha. Kemauan untuk berwirausaha masih kurang pada lulusan SMK Assa’adatul Abadiyah di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Tujuan kegiatan ini adalah membangkitkan semangat berwirausaha melalui edukasi kewirausahaan dan pelatihan pemasaran digital, khususnya Tokopedia. Kegiatan ini dilaksanakan pada 28 April dan 8 Juni 2024 kepada 30 siswa kelas X dan XI beserta guru. Metode kegiatan berupa tes (pre dan post), simulasi, sharing pengalaman, diskusi, dan praktik wirausaha. Hasil kegiatan ini memperlihatkan bahwa pengetahuan siswa mengenai wirausaha dan pemasaran digital masih perlu ditingkatkan. Dari praktik wirausaha, siswa telah memperhatikan daya tarik, kebersihan, dan rasa produk, tetapi masih kurang dalam penghitungan harga jual, penjualan melalui Tokopedia, dan daya tarik kemasan. Pihak sekolah perlu secara kontinu menyelenggarakan praktik wirausaha, seperti bazar atau market day, meneruskan melatih pemasaran dan penjualan secara digital, dan mengundang alumni yang sukses untuk memotivasi berwirausaha.