Edukasi Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Prasekolah di Desa Pucukan

  • Siti Nur Akyuni Universitas PGRI Delta Sidoarjo
  • Risma Fauziyah Universitas PGRI Delta Sidoarjo
  • Andini Candrika Dewi Universitas PGRI Delta Sidoarjo
  • Yudy Prasetyo Universitas PGRI Delta Sidoarjo
  • Eni Nurhayati Universitas PGRI Delta Sidoarjo

Abstract

Pendidikan prasekolah merupakan pondasi dasar dalam dunia pendidikan. Akan tetapi bagaimana jika pendidikan prasekolah ditiadakan. Akankah pondasi pendidikan tersebut tetap kuat atau justru menunjukkan ketimpangan pendidikan yang nyata. Ketimpangan tersebut membuat peran orang tua menjadi hal yang sangat penting untuk menjadi pengajar prasekolah. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai pendidikan prasekolah dengan melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi menunjukkan bahwa para orang tua sangat antusias dengan metode pembelajaran yang dilakukan. Hal tersebut dapat dilihat dari minat orang tua untuk mempelajari metode pembelajaran untuk anak-anak prasekolah. Adanya pengabdian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada orang tua tentang metode pembelajaran prasekolah sehingga bisa memaksimalkan peran orang tua. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian ini sangat bermanfaat bagi para orang tua di desa pucukan sebagai langkah untuk mencegah ketertinggalan pendidikan prasekolah di desa pucukan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-09-21
How to Cite
Akyuni, S. N., Fauziyah, R., Dewi, A. C., Prasetyo, Y., & Nurhayati, E. (2024). Edukasi Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Prasekolah di Desa Pucukan. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(3), 622-628. https://doi.org/10.24036/abdi.v6i3.896