Pelatihan Komunikasi Antar Pribadi (KAP) Bagi Kader Posyandu

Penulis

  • Bintarsih Sekarningrum Universitas Padjadjaran
  • Desi Yunita Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.24036/abdi.v5i1.474

Kata Kunci:

Kader posyandu, Komunikasi antar pribadi, Komunikasi dialogis, Pelatihan

Abstrak

Selama pandemi Covid 19, banyak bayi yang belum mendapatkan imunisasi dasar lengkap bahkan cakupan imunisasi rutin mengalami penurunan. Hal ini disebabkan terbatasnya mobilitas penduduk dalam berkegiatan selama masa pandemi, Untuk meningkatkan kembali kinerja kader posyandu dalam memberikan pelayanan kesehatan pasca pandemi, maka dilaksanakan kegiatan pelatihan tentang komunikasi antar pribadi (KAP), agar Kader Posyandu memiliki kemampuan komunikasi dialogis dan komunikasi antar pribadi (KAP) dalam pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini terdiri dari ceramah, diskusi dan permainan tentang : (1) komunikasi dialogis dan komukasi antar pribadi; (2) bina suasana dalam komunikasi antar pribadi dan (3) teknik membangun partisipasi. Berdasarkan hasil evaluasi, kegiatan pelatihan telah memberikan manfaat sangat penting bagi Kader Posyandu dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Kemampuan Kader Posyandu dalam komunikasi dialogis dan komunikasi antar pribadi (KAP harus berlangsung dalam situasi yang menyenangkan dan akrab; dan adanya perubahan perilaku dari masyarakat ke arah yang lebih baik, sehingga diharapkan Kader Posyandu memiliki kemampuan komunikasi dalam hubungannya dengan masyarakat yang dilayani.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-07

Cara Mengutip

Sekarningrum, B., & Yunita, D. (2023). Pelatihan Komunikasi Antar Pribadi (KAP) Bagi Kader Posyandu. ABDI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 68–76. https://doi.org/10.24036/abdi.v5i1.474