Edukasi Perencanaan Keuangan Berbasis Gamifikasi Pada Siswa Madrasah Aliyah

Authors

  • Andreani Caroline Barus Universitas Mikroskil
  • Syafira Ulya Firza Universitas Mikroskil
  • Abdul Aziz Universitas Mikroskil
  • Agustina Agustina Universitas Mikroskil
  • Fandi Halim Universitas Mikroskil

DOI:

https://doi.org/10.24036/abdi.v7i1.1030

Keywords:

Edukasi, Gamifikasi, Keuangan, Literasi, Perencanaan

Abstract

Rendahnya tingkat literasi keuangan di Indonesia, terutama pada Generasi Z, menjadi perhatian utama dalam pengabdian ini. Berdasarkan data Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2022, terdapat kesenjangan yang signifikan antara tingkat literasi keuangan (49,68%) dan inklusi keuangan (85,10%). Minimnya sosialisasi dan edukasi menjadi faktor utama rendahnya pemahaman keuangan dasar pada masyarakat, khususnya generasi muda. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan bagi 30 siswa kelas XII Madrasah Aliyah Negeri Binjai melalui metode gamifikasi. Program ini mencakup edukasi terkait pengelolaan keuangan, investasi, perencanaan keuangan, serta simulasi bisnis menggunakan permainan Jack Milyarder. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dengan pendekatan pre-test dan post-test untuk mengukur efektivitas pelatihan. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman siswa dari 52,68% sebelum pelatihan menjadi 86,16% setelah pelatihan. Dengan demikian, program ini berhasil meningkatkan literasi keuangan siswa dan diharapkan dapat membentuk perilaku keuangan yang lebih bijak di masa depan.

Downloads

References

Abusin, J., Aliani, S. O., & Rofiq, M. H. (2021). Manajemen Monitoring Pembelajaran Berbasis E-Learning (Studi Kasis di SMK Raden Patah Mojosari). THE JOER: Journal of Education Research, 1(1), 36-53.

Amadi, A. S., Suwarta, N., Sholika, D. W., & Amrullah, M. (2023). Pemahaman Pendidikan Finansial Sejak Dini. Journal of Education Research, 4(3), 1419-1428. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.356

Azizah , N. S. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup pada Perilaku Keuangan Generasi Milenial. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(2), 92-101.

Dayanti, R. N., Herlambang, A. D., & Wijoyo, S. H. (2020). Pengaruh Kualitas Implementasi Metode Pembelajaran Ceramah Berbantuan Powerpoint dan Quizizz terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Psikomotorik Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan di SMK Negeri 12 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 4( 4), 1189-1198.

Dewi, G. A., Wulandari, A. A., & Permana, D. Y. (2024). Edukasi Literasi Keuangan Bagi Siswa-Siswi SMK Bali Dewata. Abdimasku, 7(2), 426-432.

Dewi, M. W. et al. (2022). Edukasi Investasi Sedari Dini dengan Financial Planner Untuk Siswa SMKN Jenawi Karanganyar Jawa Tengah. Jurnal BUDIMAS, 04(02), 1-7.

Dilasari, Mulyati, S., & Kurniawan, A. (2020). Pengaruh Financial Literacy, Life Style, Locus of Control dan Demografi Terhadap Perilaku Konsutif Generasi Milenial di Kota Subang. Journal of Accounting for Sustainable Society (JASS), 2(2), 56-77. https://doi.org/10.35310/jass.v2i02.671

Evelyn, E. (2024). Financial Planning Untuk Anak Muda: Pengabdian Masyarakat Kepada Siswa SMA di Surabaya. EDUABDIMAS, 2(3), 276-285.

Linawati, L. et al. (2022). Edukasi Literasi Keuangan Bagi Siswa SMK. JPPNu (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Nusantara), 4(2), 130-134.

Muthia, F., Novriansa, A., & Aryanto. (2023). Peningkatan Literasi Keuangan pada Siswa SMA Melalui Edukasi Keuangan. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 7(3), 778-784.

Ningtyas, M. N. (2019). Literasi Keuangan Pada Generasi Milenial. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia (JIBEKA), 13(1), 20-27. http://10.32812/jibeka.v13i1.111

Otoritas Jasa Keuangan. (2022). SNKI (Strategi Nasional Keuangan Inklusif). https://snki.go.id/

Pratama, R., Hadady, H., & Bailusy, M. N. (2022). Edukasi Pengingkatan Literasi Keuangan kepada Masyarakat Kota Ternate. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 2(6), 1807-1814. doi:https://doi.org/10.54082/jamsi.523

Salim, M. B. (2018). Pengaruh Pemberian Pre Test dan Post Test Terhadap Kesiapan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 7 Metro Tahun Pelajaran 2015/2016. KAPAA Journal, 2(1), 1-9. doi:https://doi.org/10.29408/kpj.v2i1.754

Salsabila, S., Nur'aeni L, E., & Muharram, M. W. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Gamification Berbasis Marczewski's Framework di Sekolah Dasar. Creative of Learning Students Elementary Educarion (COLLASE): Journal of Elementary Education, 5(4), 688-702. doi:https://doi.org/10.22460/collase.v5i4.11630

Saraswati, A. M., & Nugroho, A. W. (2021). Perencanaan Keuangan dan Pengelolaan Keuangan Generasi Z di Masa Pandemi COVID-19 Melalui Penguatan Literasi Keuangan. Jurnal Warta LPM, 24( 2), 309-318. Retrieved from homepage: http://journals.ums.ac.id/index.php/warta

Sari, D. N., & Alfiyan, A. R. (2023). Peran Adaptasi Game (Gamifikasi) dalam Pembelajaran untuk Menguatkan Literasi Digital: Systematic Literature Review. UPGRADE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1). http://10.30812/upgrade.v1i1.3157

Sari, T. R. (2023). Pelatihan Perencanaan Keuangan Bagi Siswa-Siswa Muhammadiyah Kota Agung. Comment: Community Empowerment, 3(2), 25-31.

Sufiyati, H., & Lestari , A. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Keuangan pada Generasi Milenial. Jurnal Multi Disipline Madani (MUDIMA), 2(5), 2415-2430. doi:https://doi.org/10.55927/mudima.v2i5.396

Suyuti, W. et al. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Hasil Belajar. Journal of Education, 6(1), 1-11.

Published

2025-03-27

How to Cite

Barus, A. C., Firza, S. U., Aziz, A., Agustina, A., & Halim, F. (2025). Edukasi Perencanaan Keuangan Berbasis Gamifikasi Pada Siswa Madrasah Aliyah. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 7(1), 265–272. https://doi.org/10.24036/abdi.v7i1.1030