Edukasi Cinta dan Bangga Rupiah: Penguatan Literasi Keuangan dan Transformasi Digital UMKM

Authors

  • Arina Romarina IPDN Kampus Sumatera Barat
  • Yetty Sembiring IPDN Kampus Sumatera Barat
  • Elvira Mulya Nalien IPDN Kampus Sumatera Barat
  • Fitri Yul Dwi Marta IPDN Kampus Sumatera Barat
  • Ardieansyah Ardieansyah IPDN Kampus Sumatera Barat
  • Wenty Zahrati IPDN Kampus Sumatera Barat
  • Rozali Ilham IPDN Kampus Sumatera Barat
  • Asmungi Asmungi IPDN Kampus Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.24036/abdi.v7i1.1082

Keywords:

CBP Rupiah, Digital Payment, UMKM

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran pelaku UMKM di Kecamatan Tanjung Mutiara tentang pentingnya mencintai dan menjaga Rupiah sebagai simbol kedaulatan nasional serta memperkenalkan sistem pembayaran digital dalam menghadapi tantangan era digital. Kegiatan ini menggunakan metode Participatory Rural Appraisal (PRA) dengan pendekatan partisipatif, melibatkan 22 pelaku UMKM, tim IPDN dan pemerintah daerah. Evaluasi keberhasilan kegiatan edukasi ini dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur tingkat pemahaman peserta. Hasil Pre-test menunjukkan bahwa hanya 32% peserta yang memiliki literasi keuangan yang baik dan paham pembayaran digital. Kegiatan ini mencakup diskusi interaktif, simulasi praktis serta pemberian contoh praktis mengenai kemudahan dan manfaat penggunaan pembayaran digital, yang terbukti meningkatkan antusiasme peserta serta mendorong adopsi teknologi pembayaran digital dalam kegiatan usaha mereka. Hasil post-test menunjukkan peningkatan pemahaman, dimana 77% peserta telah memahami materi dan mampu mensimulasikan pembayaran melalui QRIS, sementara 23% peserta masih memerlukan bimbingan lebih lanjut. Kegiatan ini diharapkan menjadi strategi efektif dalam memperkokoh Rupiah, memperkuat ekonomi lokal dan meningkatkan literasi keuangan. Rekomendasi utama adalah edukasi berkelanjutan, monitoring dan evaluasi periodik untuk menjaga efektifitas program serta memperluas cakupan program hingga daerah terpencil melalui kolaborasi dan sinergi multipihak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, Y., Indrawari, & Dewi, L. (2020). Edukasi Cinta Rupiah Dalam Rangka Menciptakan Masyarakat Peduli Pembangunan Di Pasar Pasia Nan Tigo Kota Padang. Buletin Ilmiah Nagari Membangun, 3(3), 246–260. http://buletinnagari.lppm.unand.ac.id/index.php/bln/article/view/225/90

Anwar, A., Tanioko, Y. F., Tuasela, C. G., & Selanno, C. P. (2024). Sosialisasi Program Cinta, Bangga, Paham Rupiah Sebagai Sarana Pengembangan Literasi Keuangan Di Kalangan Pelajar SMP Negeri 18 Ambon. Jurnal Tagalaya Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 395-400.

Asmaaysi, A. (2023). Literasi dan Inklusi Keuangan Sumbar di Bawah Angka Nasional, OJK Dorong Pemerataan. https://finansial.bisnis.com/read/20230622/90/1668193/literasi-dan-inklusi-keuangan-sumbar-di-bawah-angka-nasional-ojk-dorong-pemerataan

Belo, J. D. C., Mako, W., Mbobu, M. E. M., Danus, A., & Betu, K. W. (2022). Sosialisasi Tentang Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah Pada Pelajar Kelas X di SMA Katolik Fides Quaerens Intellectum Kefamenanu. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1329–1334. https://doi.org/10.31949/jb.v4i2.4864

BI. (2020). Pencegahan dan Pemberantasan Uang Rupiah Palsu. Bank Indonesia. https://www.bi.go.id/id/rupiah/pencegahan-rupiah-palsu/default.aspx

BPS. (2024). Indikator Kesehatan - Tabel Statistik - Badan Pusat Statistik Indonesia. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/NzA4IzI=/indikator-kesehatan--persen-.html

Bunga, D. (2016). Kebijakan Hukum Pidana Dalam Penggunaan Rupiah Di Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jurnal Advokasi, 6(1), 1–8.

Chambers, R. (1994). Participatory rural appraisal (PRA): Analysis of experience. World Development, 22(9), 1253–1268. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/0305-750X(94)90003-5

Hukubun, R. D., Tomasoa, M., Satumalay, V. N., Sanduan, F., Krisye, K., Fendjalang, S. N., & Soukotta, I. V. (2023). Edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah Di Negeri Leahari. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 2(3), 93-97. https://doi.org/10.55542/jppmi.v2i3.685

Damanik, D. et al. (2023). Sosialisasi Literasi Keuangan dan CBP Rupiah Bagi Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Simalungun. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sapangambei Manoktok Hitei, 3(1), 49–54. https://doi.org/10.36985/jpmsm.v3i1.617

Dewi, N. K. T. C. (2024). Waspada Peredaran Uang Palsu, Begini Cara Bedakan Uang Asli dan Palsu - Bisnis Tempo. https://bisnis.tempo.co/read/1854599/waspada-peredaran-uang-palsu-begini-cara-bedakan-uang-asli-dan-palsu

Fristia, A. M., Wijaya, P. A., Samudra, D., & Novel, M. (2023). Love, proud, understanding rupiah in the perspective of pancasila and law number 7 of 2011 concerning currency. Ijobsor, 11(2), 288–297. www.ijobsor.pelnus.ac.id

Gustina, N. & Sari, M. P. (2022). Eksplorasi Literasi Keuangan Pada UMKM Sumatera Barat: Sebuah Studi Di UMKM Salsabila. Proceeding Applied Business and Engineering Conference, 17–19.

Handayani, N. L. P., & Soeparan, P. F. (2022). Peran Sistem Pembayaran Digital Dalam Revitalisasi UMKM. Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 1(3), 20–32.

Hidayat, N. (2024). Literasi Digital dan Persepsi Kemudahan Pada Cashless Society: Keputusan Adopsi Pembayaran Cashless Pada UMKM di Pontianak. Equator Journal of Management and Entrepreneurship (EJME), 12(1), 35. https://doi.org/10.26418/ejme.v12i1.75917

Indah, I. (2024). Pengaruh Pembayaran Digital dan Literasi Keuangan Terhadap Perspektif Kinerja Keuangan Umkm Di Kota Pangkalpinang. Accounting Journal of Ibrahimy (AJI), 2(1), 58–69. https://doi.org/10.35316/aji.v2i1.4776

Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Smith, K. A. (2014). Cooperative Learning: Improving University Instruction by Basing Practice on Validated Theory. Journal of Excellence in College Teaching, 25(4), 85–118. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/10180297

Kompas. (2024). BI Siapkan Uang Tunai Rp 197,6 Triliun untuk Kebutuhan Lebaran 2024. https://money.kompas.com/read/2024/02/21/231841326/bi-siapkan-uang-tunai-rp-1976-triliun-untuk-kebutuhan-lebaran-2024

Malau, A. R., & Silaban, F. S. (2023). Pemanfaatan Pembayaran Digital Pada UMKM di Samosir. JABB, 4(1), 2023.

Mansur, Y. (2024). Strategi Pemberdayaan UMKM di Kabupaten Agam. Jurnal EMT KITA, 8(3), 907–929. https://doi.org/10.35870/emt.v8i3.2663

Masri, M. & Hadi, A. H. (2016). Nilai Tukar Dan Kedaulatan Rupiah. Sosio-E-Kons, 8(1), 62–71. www.bi.go.id

Mawar, A., & Evi, S. (2023). Efektivitas Kebijakan Program Cinta Bangga dan Paham Rupiah di Kabupaten Nunukan. Perspektif, 12(4), 1400–1410. https://doi.org/10.31289/perspektif.v12i4.10392

Mjnewsid. (2023). IPDN Kampus Sumbar Kembangkan Potensi BUMDESMA Kecamatan Tanjung Mutiara, Agam. Mjnews.Id. https://www.mjnews.id/sumatera-barat/kabupaten-agam/m-87100/ipdn-kampus-sumbar-kembangkan-potensi-bumdesma-kecamatan-tanjung-mutiara-agam/

Munawaroh, S. & Pujianto, W. E. (2023). Pelatihan Interaktif Penggunaan Aplikasi Digital Qris Sebagai Alat Pembayaran Pada UMKM di Desa Kraton, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo. Welfare: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 480–485. https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/Welfare

Narayanasamy, N. (2008). Participatory Rural Appraisal: Principles, Methods and Application. https://doi.org/10.4135/9788132108382

OJK. (2023). Siaran Pers “Tingkatkan Akses Keuangan Masyarakat Desa, OJK Resmikan Program Ekosistem Keuangan Inklusif.” https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiata

OJK. (2024). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2024. Jakarta: OJK

Palupi, A. A., Hartati, T., & Sofa, N. (2022, March). Pengaruh literasi keuangan dan kemudahan penggunaan sistem Qris terhadap keputusan bertransaksi menggunakan Qris pada UMKM. Seminar Nasional Riset Terapan Administrasi Bisnis dan MICE (Vol. 10, No. 1, pp. 67-75).

Pradikta, H. Y., Muflihah, I. L., Muhammad, H., Normasyhu, K., & Dayani, T. R. (2022). Sosialisasi literasi keuangan dan cbp (cinta, bangga, paham) pada rupiah bagi siswa. Bagimu Negeri: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 224–229. https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/bagimunegeri

Priantini, N. K., & Wardani, K. D. K. A. (2023). Penguatan Literasi Keuangan melalui Gelar Edukasi CBP Rupiah di SMP Negeri 1 Tabanan. Jurnal Abdimas Mandiri, 7(3), 147–154. https://doi.org/10.36982/jam.v7i3.3254

Puriati, N. M., Sugiartana, I. W., & Mertaningrum, N. P. E. (2023). Efektivitas Penerapan Sistem Pembayaran Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Pada UMKM di Kabupaten Karangasem. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, 13(3), 332–338. https://doi.org/10.23887/jiah.v13i3.70942

Rachmawati, F. F., Sudarno, S., & Sabandi, M. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan dan Lingkungan Sosial Dimoderasi Tingkat Pendidikan Terhadap Penggunaan Qris Pada Pelaku UMKM di Kota Surakarta. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 11(1), 21–36.

Rafisar, A., & Prapanca, D. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Niat UMKM di Sidoarjo Menggunakan e-payment Sebagai Metode Pembayaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Rahayu, Y. P., Riantoro, D., Mansim, N., & Bauw, S. A. (2023). Sosialisasi Cinta, Bangga & Paham Rupiah (Cbr), Manajemen Uang Sejak Dini & Roleplay Jual Beli. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1046–1054. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.3057

Rani, G. M., & Desiyanti, R. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan dan Digital Payment Terhadap Kinerja UMKM Makanan & Minuman di Kota Padang. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 5(02), 161–174. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v5i02.1403

Simanjuntak, H. R., Fadelan, F., & Haryanto, A. (2023). Edukasi Penyebaran Uang Rupiah Oleh TNI AL dan Bank Indonesia di Wilayah Masyarakat Terpencil Tertinggal dan Terluar Sebagai Strategi Penguatan Pertahanan Negara. Community Development Journal, 4(2), 2616–2620.

Syamsul, N. Z., Rayyani, W. O., Rezki, A., & Amin, S. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Menggunakan Sistem Transaksi Digital Qris Pada UMKM di Kabupaten Pinrang. IJMA (Indonesian Journal of Management and Accounting), 5(2), 303–311. https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA/index

Tamrin, M., S. Sirate, S. F., & Yusuf, M. (2011). Teori Belajar Vygotsky dalam Pembelajaran Matematika. Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika), 3(1), 40–47.

Widowati, N., & Khusaeni, M. (2022). Adopsi pembayaran digital qris pada umkm berdasarkan technology acceptance model. Journal of Development Economic and Social Studies, 1(2), 325–341. http://dx.doi.org/10.21776/jdess.

Winosa, Y. (2022). Setahun, BI Cetak Uang Rp1. https://www.akurat.co/keuangan/1302412919/Setahun-BI-Cetak-Uang-Rp1431-Triliun

Yusrizal, Y. (2023a). IPDN Kampus Sumbar bantu Agam jual potensi dimiliki Tiku Selatan - ANTARA Sumbar. https://sumbar.antaranews.com/berita/580554/ipdn-kampus-sumbar-bantu-agam-jual-potensi-dimiliki-tiku-selatan

Yusrizal, Y. (2023b). IPDN Kampus Sumbar kembangkan BUMDESMA Tanjung Mutiara Agam - ANTARA Sumbar. https://sumbar.antaranews.com/berita/580560/ipdn-kampus-sumbar-kembangkan-bumdesma-tanjung-mutiara-agam

Published

2025-03-27

How to Cite

Romarina, A., Sembiring, Y., Nalien, E. M. ., Marta, F. Y. D. ., Ardieansyah, A., Zahrati, W. ., Rozali Ilham, & Asmungi, A. (2025). Edukasi Cinta dan Bangga Rupiah: Penguatan Literasi Keuangan dan Transformasi Digital UMKM. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 7(1), 180–191. https://doi.org/10.24036/abdi.v7i1.1082