Peningkatan Kemampuan Nagari Tanjung Pondok dalam Penggunaan Datafikasi Pendidikan Penunjang SDGs 2030

Authors

  • Junaidi Junaidi Universitas Negeri Padang
  • Ika Sandra Universitas Negeri Padang
  • Hendrik Heri Sandi Universitas Negeri Padang
  • Nurlizawati Nurlizawati Universitas Negeri Padang
  • Revitasari Revitasari Universitas Negeri Padang
  • Fauzi Ramadhan Universitas Negeri Padang
  • Rama Arya Kurniawan Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/abdi.v7i2.1088

Keywords:

Datafikasi, Pendidikan, SDGs

Abstract

Sustainable Development Goals (SDGs) adalah rencana global dalam mencapai kehidupan yang berkelanjutan seperti mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan, dan terciptanya pendidikan berkualitas. Salah satu tujuan SDGs adalah memastikan pendidikan berkualitas yang inklusif dan adil. Indonesia mendukung tujuan ini melalui agenda Pendidikan Berkualitas, yang memiliki urgensi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Namun, kurangnya kecakapan perangkat Nagari dalam memanfaatkan teknologi menjadi kendala. Meski UU No. 6 tahun 2014 mengamanatkan penggunaan sistem informasi desa berbasis IT, ketidakmampuan perangkat Nagari mengancam pembangunan. Solusi dari permasalahan ini adalah internalisasi datafikasi kepada perangkat Nagari melalui program komprehensif yang dirancang tim pengabdian melalui PPNB yang bertempat di Nagari Tanjung Pondok Tapan, Kab Pesisir Selatan. Belum adanya penggunaan sistem informasi berbasis IT di Nagari Tanjung Pondok menjadi alasan tim melakukan pengabdian di Nagari tersebut. Datafikasi sendiri merupakan proses pengubahan informasi, kegiatan, dan aktivitas pendidikan menjadi data yang dapat diukur dan dianalisis. Hasil analisis ini akan dijadikan pertimbangan dalam perumusan kebijakan pendidikan oleh pemerintah guna meningkatkan kualitas pendidikan. Sehingga tujuan dalam pengabdian ini adalah mengenalkan konsep datafikasi kepada perangkat Nagari Tanjung Pondok melalui sosialisasi dan pelatihan. Selain itu Pre-Post test juga digunakan dalam mengukur tingkat pemahaman perangkat Nagari sebelum dan setelah sosialisasi dilaksanakan. Hasil dari pre-post test di dapatkan persentase sebesar 71% peningkatan pemahaman datafikasi oleh perangkat Nagari. Ini mengindikasikan bahwa perangkat Nagari sudah memiliki pemahaman yang baik mengenai datafikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustini, K., Darmawiguna, I. G. M., Artayasa, I. K. D., & Mertayasa, I. N. E. (2020). Evaluation of the teachers’ acceptance to E-report card applications with the hot-fit model approach. International Journal of Instruction, 13(3), 475–490. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13333a

Baizah, Z. (2024). Perancangan Sistem Informasi untuk Meningkatkan Kinerja Administrasi Pendataan Rumah Penduduk Miskin. 3(1), 43–50. https://doi.org/10.59431/jmasif.v3i1.463

Bolin, G. (2023). Mediatisation, Digitisation and Datafication: The Role of the Social in Contemporary Data Capitalism. Central European Journal of Communication, 16(1), 7–18. https://doi.org/10.51480/1899-5101.16.1(33).1

Caniago, S. A., Rozi, F. F. P., & Wijaya, B. S. (2022). Tekno-Konomi: Broadband Internet Sebagai Strategi Pertumbuhan Investasi Dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Indonesia. Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman, 178–201. https://doi.org/10.61136/nxjby668

Fawns, T., Aitken, G., & Jones, D. (2021). Ecological Teaching Evaluation vs the Datafication of Quality: Understanding Education with, and Around, Data. Postdigital Science and Education, 3(1), 65–82. https://doi.org/10.1007/s42438-020-00109-4

Karman. (2019). Implikasi Penggunaan Data Besar Terhadap Metode Penelitian Agenda-Setting Implication of Big Data Usage Towards Research Method of Agenda-Setting. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 23(1), 1–20.

Kharis, S. & Zili, A. (2022). Learning Analytics dan Educational Data Mining pada Data Pendidikan. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 6, 12–20.

Lee, N. Y. (2019). Akademi Esensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Pimpinan Pemerintahan. http://www.unapcict.org/academy

Lewis, S., Holloway, J., & Lingard, B. (2022). Emergent developments in the datafication and digitalization of education. Reimagining Globalization and Education, March, 3(2), 62–78. https://doi.org/10.4324/9781003207528-5

Manovich, L. (2017). Cultural Data. Possibilities and limitations of the digital data universe. Museum and Archive on the Move Changing Cultural Institutions in the Digital Era, 259–276. http://www.europeana.eu/portal/en

Rahmah, L. A., & Megawati, S. (2024). Implementasi Program Sekolah Penggerak di SD Insan Mulya Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Implementasi Program Sekolah Penggerak, 12(1), 147–159.

Rokhmat, A., Susanto, A., Rosmiati, D., & Cahyani, F. (2024). FEBCOMS : Jurnal Pengabdian Masyarakat FEBCOMS : Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1(1), 1–6.

Salsavira, S., Afifah, J., Mahendra, F. T., & Dzakiyah, L. (2021). Spatial Analysis of Prevalence of Early Marriage and HDI in Indonesia. Jurnal Matematika, Statistika dan Komputasi, 18(1), 31–41. https://doi.org/10.20956/j.v18i1.13975

Situmeang, D. E., Hawa, M. M., & Ismail, K. (2021). Pembangunan Berkelanjutan Sdgs 2030 Goals 4 Ensure Inclusive And Equitable Quality Education And Promote Lifelong Learning Opportunities For All" Memastikan Kualitas Pendidikan Yang Inklusif Dan Adil Dan Mempromosikan Kesempatan Belajar Seumur Hidup Untuk. http://researchgate.net.

Stewart, B., Miklas, E., Szcyrek, S., & Le, T. (2023). Barriers and beliefs: a comparative case study of how university educators understand the datafication of higher education systems. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 20(1). https://doi.org/10.1186/s41239-023-00402-9

Supriyadi, A. (2022). Using SIMPKB to Improve PPG Students’ Reading Comprehension during the COVID-19 Pandemic. Journal of Language Development and Linguistics (JLDL), 1(2), 87–102. https://journal.formosapublisher.org/index.php/jldl

Takayama, K., & Lingard, B. (2019). Datafication of schooling in Japan: an epistemic critique through the ‘problem of Japanese education.’ Journal of Education Policy, 34(4), 449–469. https://doi.org/10.1080/02680939.2018.1518542

Published

2025-06-28

How to Cite

Junaidi, J., Sandra, I., Sandi, H. H., Nurlizawati, N., Revitasari , R., Ramadhan, F., & Kurniawan, R. A. (2025). Peningkatan Kemampuan Nagari Tanjung Pondok dalam Penggunaan Datafikasi Pendidikan Penunjang SDGs 2030. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 7(2), 325–331. https://doi.org/10.24036/abdi.v7i2.1088