Implementasi Islamic Art Therapy untuk Meningkatkan Regulasi Emosi Anak di Yogyakarta

Authors

  • Rara Eka Yurika UIN Sunan Kalijaga
  • Reni Khofifah UIN Sunan Kalijaga
  • Ai Euis Mudrikah UIN Sunan Kalijaga
  • Rahmawati Rahmawati UIN Sunan Kalijaga
  • Hunaizan Hamdani UIN Sunan Kalijaga
  • Casmini Casmini UIN Sunan Kalijaga
  • Irsyadunnas Irsyadunnas UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.24036/abdi.v7i1.1090

Keywords:

Islamic art therapy, Regulasi emosi anak, RPA Wiloso Projo

Abstract

Islamic art therapy menjadi suatu hal yang penting untuk dilakukan sebagai upaya untuk melatih kemampuan regulasi emosi negatif pada anak-anak di UPT Wiloso Projo Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang dilakukan di UPT Rumah Pengasuhan Anak (RPA) Wiloso Projo Yogyakarta. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anak dalam meningkatkan kemampuan regulasi emosi melalui Islamic art therapy. Program ini menawarkan pendekatan inovatif dengan mengintegrasikan nilai keislaman dalam pelaksanaan art therapy. Metode pengabdian masyarakat yang digunakan yakni observasi, identifikasi masalah, perumusan masalah, treatment (kegiatan) dan output. Temuan penting hasil pengabdian ini menunjukan bahwa kelima anak telah memiliki kemampuan regulasi emosi yang tinggi. Hasil ini dapat dibandingkan dengan hasil tes sebelum pelaksanaan intervensi yang menunjukkan masih ada dua anak yang berada di kategori sedang. Berdasarkan hasil uji paired samples test yang digunakan untuk melihat pengaruh intervensi Islamic art therapy menunjukkan bahwa intervensi yang dilakukan berpengaruh terhadap regulasi emosi anak. Kesimpulannya yakni pelaksanaan intervensi Islamic art therapy berpengaruh dalam meningkatkan regulasi emosi anak, sehingga anak-anak dapat memahami dan mengekspresikan emosi yang dirasakan melalui seni lukis dan mampu meregulasikan emosi melalui seni lukis.

Downloads

References

Arsini, Y., Rusmana, N., & Sugandhi, N. (2022). Profil Resiliensi Remaja Putri di Panti Asuhan dilihat Pada Aspek Empathy, Emotion Regulation dan Self-Efficacy. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(1), 76–83. https://doi.org/https://doi.org/10.51214/bocp.v4i1.151

Ely, Dwiana Sari, F., Purwanto, D., & History, A. (2022). Pemanfaatan Teknologi Media Digital untuk Pengembangan Agrobisnis Pisang Cavendish BUMDES Maju Bersama. Jurnal Pengabdian Masyarakat (PIMAS), 1(4). https://doi.org/10.35960/pimas.v1i4.916

Emilia, N. L., & Susanto, D. (2023). Penerapan Art Therapy untuk Mengatasi Distress Spiritual Pada Lansia di Desa Tindaki Provinsi Sulawesi Tengah: Studi Kasus. Jurnal Kesehatan dan Teknologi, 1(1), 1–7.

Fauziyyah, S. A., Ifdil, I., & Putri, Y. E. (2020). Art Therapy Sebagai Penyaluran Emosi Anak. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 5(3), 109–114. https://doi.org/10.1007/08972011

Febrieta, D., & Sukma, M. T. (2023). Pendampingan Pelatihan Art Therapy dalam Meningkatkan Kesadaran Diri Pasien ODGJ. Community Development Journal, 4(2), 3562–3568.

Hajra, B., & Saleem, T. (2021). The Use of Islamic Patterned Art Therapy : Healing of Psychological Problems Among University Students. Journal of Religion and Health, 60(6), 4361–4386. https://doi.org/10.1007/s10943-021-01240-7

Hanan, F., Basaria, D., & Yanuar, S. (2018). Penerapan Group Art Therapy Bagi Anak-Anak Masa Pertengahan yang Memiliki Kecenderungan Agresi Verbal. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 2(1), 97–107.

Hasni, H., Andika, M., & Syahid, A. (2022). Artikel Penelitian Pengaruh Art Therapy terhadap Kualitas Hidup Anak Kanker yang Menjalani Kemoterapi. Jurnal Kesehatan Andalas, 11(3), 164–168.

Hidayati, F. U., & Ahyani, L. N. (2023). Pengaruh Visual Art Therapy dalam Menurunkan Post Traumatic Stress Disorder pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Perseptual, 8(1), 99–111.

Humaidah, N. D., Adma, F., & Purna, R. S. (2021). Regulasi Emosi pada Pasien Covid-19. Jurnal Psikologi Tabularasa, 16(1), 45–50. https://doi.org/https://doi.org/10.26905/jpt.v16i17711

Imami, A. D., Sulistiyorini, D., & Setiyowati, N. (2016). Efektivitas Pendampingan Kegiatan Menggambar (dengan Modifikasi Art Therapy ) Sebagai Katarsis Terhadap Agresivitas. Jurnal Sains Psikologi, 5(2).

Juliansyah, M., Sibawaihi, & Taisir, M. (2023). Analisis Pengembangan Seni dan Budaya dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1), 5983–5986. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10505

Kartika, D., & Yuhenita, N. N. (2021). Pengaruh Art Therapy Menggambar dalam Layanan Konseling Kelompok dapat Meningkatkan Pengelolaan Emosi Marah. Borobudur Counselling Review, 01(02), 69–74. https://doi.org/10.31603/bcr.5741

Kusuma, A. T., Safitri, N. N., Prilani, D. M., & Pramudita, N. T. (2023). Apresiasi Seni: Sarana Pengembangan Karakter Self Compassion. Jurnal Sosial Humaniora, 3(1), 24–36. https://doi.org/https://doi.org10.26593/jsh.v3i 01.6317

Kusumawardhani, I. A., Kurnianingrum, W., & Soetikno, N. (2018). Art Therapy untuk Meningkatkan Kontrol Diri pada Anak Didik Lapas. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 2(1), 135–143. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v2i1.1751

Lestari, C. B., Ashfia, H., Kinanti, N., & Maulida, N. (2023). Perspektif Islam dalam Dunia Seni. Journal Islamic Education, 1(1), 101–112.

Maharani, A., Suroso, S., & Pratitis, N. (2024). Art Therapy Untuk Mengurangi Perilaku Agresivitas pada Anak Jalanan. Journal of Psychological Science and Profession, 8(2), 177–187. https://doi.org/10.24198/jpsp.v8i2.53791

Mumtahanah, S., & Casmini. (2024). Peta Hasil Intervensi Perilaku Agresif Anak Pada Masa Taman Kanak-Kanak sampai Sekolah Dasar. JRIP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 619–630. https://doi.org/https://doi.org/10.51574/jrip.v4i1.1399

Mustafa, M. S., Aryasa, K., & Rasyid, M. F. (2023). Peningkatan Mutu Pembelajaran Guru Bidang Studi Basis Data dalam Menghadapi Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) SMKS Mutiara Ilmu Makassar. Room of Civil Society Development, 2(2), 115–130. https://doi.org/10.59110/rcsd.v2i2.191

Novika, R., & Arif, M. (2024). Peran Pengurus Panti Menunjang Pendidikan Anak di Panti Asuhan Griya Yatim dan Dhuafa Bukittinggi. El-Banar: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 7(April), 62–73.

Nyoman, N., Purwati, M., Ardini, P. P., & Juniarti, Y. (2023). Pengaruh Plasticine Art Therapy Terhadap Kemampuan Regulasi Emosi Anak Usia 5-6 Tahun. Student Journal of Early Childhood Education, 3(2), 149–162.

Purnawati, E., Nugroho, I. A., Syafa’at, A. Y., & Sari, F. D. (2022). Pemberdayaan Ekonomi Produktif Terhadap Produk Lokal Tanggap Covid-19 Kelompok Usaha Bersama Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat - PIMAS, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.35960/pimas.v1i1.722

Purwati, N. N. M., Ardini, P. P., & Juniarti, Y. (2023). Pengaruh Plasticine Art Therapy Terhadap Kemampuan Regulasi Emosi Anak Usia 5-6. Student Journal of Early Childhood Education, 3(2), 149–162.

Putri, A., & Halida, H. (2024). Studi Kasus Penggunaan Art Therap bagi Peserta Didik dengan Kesulitan Mengendalikan Emosi. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 10(1), 179–188. https://doi.org/10.31602/jbkr.v10i1.14781

Putri, A., & Yuline, Y. (2023). Mereduksi Agresivitas dengan Cognitive Behavioral Art Therapy pada Siswa SMPN 14 Pontianak. AoEJ: Academy of Education Journal, 14(2), 1477–1496.

Qibtiatun, R., Dzikri, H. Al, Fitrio, A., Turindo, D. T., Dwi, W., & Ak, P. (2022). Pengaruh Terapi Seni (Art Therapy) dalam Meningkatkan Diri pada Anak Didik Lapas. Consensus: Jurnal Ilmu Hukum, 1(1), 7–14.

Rahmanisa, R., Rahmat, H. K., Cahaya, I., Annisa, O., & Pratiwi, S. (2021). Strategi Mengembangkan Resiliensi Individu di Tengah Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan Islamic Art Therapy. Journal of Contemporary Islamic Counseling, 1(1), 39–52.

Tobing, C. M., Nisa, A., & Ratnasari, D. (2022). Mengenal dan Mengelola Emosi Individu dengan Art Therapy Melalui Layanan Penguasaan Konten. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 12280–12283.

Wardah, A. (2020). Keterbukaan Diri dan Regulasi Emosi Peserta didik. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, 2(2), 183–192.

Zuroida, A., & Grahani, F. O. (2022). Art Therapy dalam Upaya Menurunkan Kecenderungan Agresi pada Remaja Awal. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1212–1218. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2118

Published

2025-03-27

How to Cite

Yurika, R. E., Khofifah, R., Mudrikah, A. E., Rahmawati, R., Hamdani, H., Casmini, C., & Irsyadunnas, I. (2025). Implementasi Islamic Art Therapy untuk Meningkatkan Regulasi Emosi Anak di Yogyakarta. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 7(1), 192–202. https://doi.org/10.24036/abdi.v7i1.1090