Pelatihan Batik Tulis Untuk Meningkatkan Motivasi Berwirausaha di Desa Seloharjo
DOI:
https://doi.org/10.24036/abdi.v7i1.1105Keywords:
Batik Tulis, Kewirausahaan, MotivasiAbstract
Pelatihan batik tulis dapat memberikan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk memulai usaha di bidang batik, membangkitkan motivasi dan minat berwirausaha. Peningkatan motivasi berwirausaha di Desa Seloharjo diharapkan dapat membuka kesempatan baru bagi masyarakat untuk aktif terlibat dalam industri batik tulis dengan memanfaatkan potensi lokal dan keberadaan destinasi wisata di sekitar desa yang selama ini belum dilakukan. Keberadaan tempat wisata tersebut tidak hanya menarik wisatawan, tetapi juga menciptakan peluang bagi masyarakat untuk mengembangkan industri batik sebagai produk unggulan yang berkelanjutan dan memperkuat identitas budaya lokal dengan menjual produk batik tulis khas desa tersebut. Pelatihan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknis dalam pembuatan batik tulis, tetapi juga untuk membuka wawasan tentang potensi ekonomi yang dapat dihasilkan melalui industri kreatif ini. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam Kegiatan PkM yang bertemakan pembuatan kain batik tulis, pada Ibu-Ibu Desa Seloharjo yaitu pelatihan dan diskusi interaktif. Hasil yang diperoleh, mitra memiliki peningkatan keterampilan membuat batik tulis dan memiliki motivasi berwirausaha dalam memperoleh pendapatan yang lebih baik.
Downloads
References
Afif, A. (2010). Efektivitas Pelatihan “Project Cycle” Kementerian Pekerjaan Umum. Universitas Indonesia.
Asir, M., & Rahmi, R. (2021). Manajemen Dan Metode Pelatihan Pada Irwani Pane Institute. Jurnal Pendidikan Indonesia (Teori, Penelitian dan Inovasi), 1(2).
Bariqi, M. D. (2018). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. JSMB, 5(2), 64–69. http://journal.trunojoyo.ac.id/jsmb
Blanchard, P. N., & Thacker, J. W. (2023). Effective Training: Systems, Strategies, and Practices. London: SAGE.
Dzaky, M. W., Ubaidillah, A. & Susanti, E. (2024). Efektivitas Metode Diskusi Sebagai Sarana Peningkatan Keterampilan Berbicara Pada Siswa. Pena Literasi, 7(2), 187–195.
Eaton, S. E. (2010). Formal, non-formal and informal learning : the case of literacy, essential skills and language learning in Canada. Adeniyi Jones: Eaton International Consulting.
Edwar, M. (2016). Motivasi Berwirausaha. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 13(1), 90–98.
Fruhstorfer, B. H., Jenkins, S. P., Davies, D. A., & Griffiths, F. (2024). International short-term placements in health professions education—A meta-narrative review. Medical Education, 58(7), 797–811. https://doi.org/10.1111/medu.15294
Ho, L.-C., & Seow, T. (2023). Informal environmental citizenship education. Elsevier.
Kasemsap, K. (2016). Management education and leadership styles: Current issues and approaches. Innovation and Shifting Perspectives in Management Education, 2(1), 166–193. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-1019-2.ch008
Martins, P., Gonzalez, A. J., de Lima, M. P., Faleiro, J., & Preto, L. (2022). Positive Development Based on the Teaching of Personal and Social Responsibility: an Intervention Program with Institutionalized Youngsters. Frontiers in Psychology, 13(3). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.792224
Moerniwati, E. D. A. (2013). Studi Batik Tulis (Kasus Di Perusahaan Batik Ismoyo Dukuh Butuh Desa Gedongan Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen). Universitas Sebelas Maret.
Nguyen, N., & Hansen, J. Ø. (2016). Becoming a leader-manager: a matter of training and education. Development and Learning in Organizations, 30(6), 10–12. https://doi.org/10.1108/DLO-07-2016-0056
Nurfatimah Yusuf, M., Shakyla, A. S., Rifani, R., & Rasyid, N. (2024). Efektivitas Program Pelatihan Orientasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Karyawan Baru. Kreasi: Jurnal Kreativitas dan Inovasi, 2(2).
Nurzabira, A. A., Susanti, A. I., & Pradana, M. (2021). Evaluation of Competency Improvement through Functional Training Programs Using the Kirkpatrick’s Four-Level Method at the Ministry of State Secretariat’s Education and Training Center. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management.
Pamela, L. (2019). Kajian Desain Batik Tulis di Batik Owens Joe Bekonang. Gelar: Jurnal Seni Budaya, 17(2), 129–139.
Pastimo, O. F. A., & Muslikah, M. (2022). The Relationship between Self-Acceptance and Social Support with Self-Confidence in Madrasah Tsanawiyah. Edukasi, 16(2), 90–99. https://doi.org/10.15294/edukasi.v16i2.41503
Petrov, M., Valkanov, V., & Stancheva, M. (2021). Time-based error classification in virtual education space. International Journal of Differential Equations and Applications, 20(2), 273–286. https://doi.org/10.12732/ijdea.v20i2.13
Prabawati, M. N., Mulyani, E., Mansyur, M. Z., & Yulianto, E. (2023). Pelatihan Learning Management System Moodle Bagi Mgmp Matematika Smp Kabupaten Tasikmalaya. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 63–71. https://doi.org/10.56921/cpkm.v2i1.42
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 7911–7915.
Ruslandi, U., Qomariyah, S., & Sumitra, M. (2025). Peran Metode Pembelajaran Diskusi dalam Menciptakan Keaktifan Belajar Siswa di MAS Tarbiyatul Islamiyah. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika , 2(1), 79–90. https://doi.org/10.62383/katalis.v2i1.1203
Santoso, B. (2010). Skema dan Mekanisme Pelatihan. Depok: Yayasan Terumbu Karang Indonesia.
Sattayapanich, T., Janmaimool, P., & Chontanawat, J. (2022). Factors Affecting Community Participation in Environmental Corporate Social Responsibility Projects: Evidence from Mangrove Forest Management Project. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 8(4). https://doi.org/10.3390/joitmc8040209
Silay, N. (2014). A study of moral education and its relationship with character education. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(2), 353–358. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n2p353
Simanjuntak, P. M., Roesli, C., & Nediari, A. (2021). Pemberdayaan komunitas Batik Bayat di Klaten-Jawa Tengah dalam kreativitas desain produk sebagai keberlanjutan batik di era pandemi COVID-19. SENADA: Semangat Nasional Dalam Mengabdi, 1(3), 270-276.
Simatupang, S. S., Situmorang, E> R. V., Simbolon, I. C. & Umar, A. T. (2024). Analisis Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok Terhadap Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran di SMA Negeri 21 Medan. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial, 2(4), 201–210. https://doi.org/10.61132/nakula.v2i4.959
Sunardi, S., Sabri, M., Yahya, F., Harmonika, S., & Ariani, S. S. (2023). Training Manajemen dan Administrasi Organisasi BEM STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 39–46.
Tan, Q., Yan, K., & Zou, G. (2024). Family involvement in management, social trust and the environmental responsibility performance of family firms. Research in International Business and Finance, 69. https://doi.org/10.1016/j.ribaf.2024.102291
Tudor, S. L. (2013). Formal – Non-formal – Informal in Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 76, 821–826. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.04.213
Valk, J. (2007). Plural public schooling: Religion, worldviews and moral education. British Journal of Religious Education, 29(3), 273–285. https://doi.org/10.1080/01416200701479661
Wiener, G. J., Schmeling, S. M., & Hopf, M. (2018). The technique of probing acceptance as a tool for teachers’ professional development: A PCK study. Journal of Research in Science Teaching, 55(6), 849–875. https://doi.org/10.1002/tea.21442
Yanti, A., Sairun, A., Putri, A. P., Sahgira, N. N., & Larasati, D. (2023). Sosialisasi pentingnya kemandirian dan jiwa kepemimpinan pada siswa/siswi SMA Kemala Bhayangkari 1 Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Eka Prasetya, 2(1), 21–25.
Zacky, F. (2022). Efektivitas Program Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Negeri Sipil Kecamatan Koto Tangah Padang Provinsi Sumatera Barat. Institut Pemerintahan Dalam Negeri.
Zalela, Z., Prasiwi, W. M., & Purnamawati, D. (2024). Efektivitas Pelatihan Kader dalam Rangka Peningkatan Kompetensi dan Keterampilan Kader di Puskesmas Pasar Minggu. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Surakarta, 145–157.
Zalukhu, T. J., Waruwu, M. H., Mendrofa, Y., & Telaumbanua, E. (2024). Implementasi Strategi Pelatihan Dalam Meningkatkan Keterampilan Non-Teknis Karyawan Untuk Memenuhi Tuntutan Bisnis dan Mendorong Inovasi Pada PT. PLN (Persero) UP3 Nias. Jesya, 7(2), 1694–1702. https://doi.org/10.36778/jesya.v7i2.1602
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Asri Andarini Nurlita et al

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.