Pelatihan Kaligrafi Berkaidah Naskhi bagi Guru MDTA dengan Metode Demonstrasi Terbimbing di Kota Sawahlunto

Authors

  • Alfurqan Alfurqan Universitas Negeri Padang
  • Budi Santoso Wibowo Universitas Negeri Padang
  • Riza Wardefi Universitas Negeri Padang
  • Syafei Syafei Universitas Negeri Padang
  • Zilham Usral Universitas Negeri Padang
  • Ardi Satrial Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/abdi.v7i1.1117

Keywords:

Demonstrasi Terbimbing, Kaligrafi Berkaidah Naskhi, Pelatihan Kaligrafi

Abstract

Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan kaligrafi guru MDTA Kota Sawahlunto melalui pelatihan menggunakan metode demonstrasi terbimbing. Partisipan pelatihan perwakilan guru MDTA Kota Sawahlunto sebanyak 20 orang. Pelatihan menggunakan metode participatory action research, dengan langkah berikut: penyusunan jadwal kegiatan, penyusunan materi dan tutorial khat naskhi, pengerjaan tugas mandiri sebagai pretest, pelatihan kaidah khat naskhi dengan metode demonstrasi terbimbing, praktek penulisan khat naskhi secara terbimbing, produk karya kaligrafi sebagai posttest, dan pembekalan guru dengan buku panduan dan video tutorial. Berdasarkan analisis karya pretest dan posttest terjadi peningkatan kemampuan kaligrafi guru MDTA pada kriteria baik meningkat dari 1 orang menjadi 7 orang, peserta yang berada pada kriteria cukup menurun dari 7 orang menjadi 5 orang, dan peserta yang perlu bimbingan juga menurun dari 12 orang menjadi 4 orang guru. Secara umum pelatihan kaligrafi dengan menggunakan metode demonstrasi terbimbing berimplikasi pada peningkatan kemampuan guru MDTA dalam menulis huruf Arab berkaidah khat naskhi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahliya, S., & Datmi, M. A. R. (2024). Pembelajaran Kaligrafi dalam Melestarikan Seni Budaya Islam (Studi Kasus Di Sanggar Kaligrafi Al-Jauza Pulau Banyak Kec. Tanjung Pura). Perspektif Agama dan Identitas, 9(8).

Alfurqan, A., Syafei, S., Wiza, R., & Satrial, A. (2024). Peningkatan Keterampilan Guru Madrasah Diniyyah Takmiliyah Awaliyah dalam Mempersiapkan Peserta Kaligrafi Porsadin. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(1), 212–223. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.19861

Anggara, R. W. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1012–1018. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1331

Anwar, A. I., & Zulkifli, A. (2020). The influence of demonstration method education in the knowledge of tooth brushing in children age 10–12 years. Enfermería Clínica, 30(1), 429–432. https://doi.org/10.1016/j.enfcli.2019.07.132

Ariesta, O., & Maulana, I. (2020). Pelatihan seni kaligrafi islam di pesantren thawalib gunuang. Batoboh: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 113–123. https://doi.org/10.26887/bt.v5i2.1297

Chen, C., Chen, W., Zheng, J., Luo, A., Cai, F., & Zhang, Y. (2024). Input-oriented demonstration learning for hybrid evidence fact verification. Expert Systems with Applications, 246, 123191. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2024.123191

De Oliveira, B. (2023). Participatory action research as a research approach: advantages, limitations and criticisms. Qualitative Research Journal, 23(3), 287–297. https://doi.org/10.1108/QRJ-08-2022-0101

Fuad, A., Rosanti, C., Setianto, G., & Sulaiman, M. A. (2024). Menumbuh-kembangkan Potensi Melalui Ekstrakurikuler Seni Kaligrafi Islam Bagi Siswa SD Muhammadiyah Program Khusus Paesan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(8), 345–349. https://doi.org/10.36088/palapa.v9i1.1063

Gashi, S., Kaspar, H., & Holtforth, M. G. (2023). Personal benefits of older adults engaging in a participatory action research (PAR) project. Journal of Aging Studies, 67, 101192. https://doi.org/10.1016/j.jaging.2023.101192

Hildayanti, A., & Machrizzandi, M. S. (2022). Mengenal pola perilaku penghuni melalui metode Participatory Action Research (PAR) di rusun mariso kelurahan lette kota makassar. JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 163–172. https://doi.org/10.35329/sipissangngi.v2i2.3075

Kurniawan, B. A., Al Mubarok, Z., Thoif, M., & Surandoko, T. (2024). Strategi Pengembangan Keterampilan Hidup Warga Belajar Paket C Melalui Pelatihan Kaligrafi Di PKBM Al Mubarok 2 Genteng, Banyuwangi. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 9(2), 133–140. https://doi.org/10.33366/japi.v9i2.6011

Lutfi, S., Syahmidi, S., Surawan, S., & Risa, M. (2024). Pelatihan Seni Kaligrafi untuk Meningkatkan Kreativitas Menulis pada Siswa MTs Darul-Amin. Jurnal Paris Langkis, 5(1 SE-), 24–32. https://doi.org/10.37304/paris.v5i1.15203

Ndruru, S. (2022). Peningkatan Keterampilan Menyimak Kegiatan Wawancara Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Siswa. Jurnal Education And Development, 10(1), 493–497. https://doi.org/10.37081/ed.v10i1

Nurhasanah, A. S., & Setiawan, U. (2023). Pelatihan Kaligrafi Dengan Menggunakan Khot Naskhi Pada Siswa DTA Tegal Heas. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 3(3). https://doi.org/10.59818/jpm.v3i3.470

Putra, R. E., & Clara, N. (2020). Penggunaan Alat Peraga Sederhana Tangga Satuan Berat dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Demonstrasi. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1 SE-Articles), 568–575. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.263

Rahmat, A. dan M. M. (2020). Model Participation Acton Research dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara, 6. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020

Rasouli, A., & Attaran, M. (2012). Improve the Quality of Traditional Education of Calligraphy in Iran by Using of Collaborative e-Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 51, 433–443. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.08.185

Samsinas, S., & Haekal, A. (2023). Metode Participatory Action Research dalam Pemberdayaan Pengrajin Batik Berbasis Budaya Lokal. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 4(2), 214–226. https://doi.org/10.24239/moderasi.Vol4.Iss2.128

Sari, F. M. (2021). Pemulihan Ekonomi Melalui Pembangunan Kebun Bibit Desa Menggunakan Metode Participatory Action Research (PAR). Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 356-364.

Setiawan, A. (2021). model pembelajaran khat AL-Qur’an berbasis cooperative learning pada pembinaan LPTQ di Sumatera Barat. UIN IMam Bonjol Padang.

Smit, B. H. J., Meirink, J. A., Berry, A. K., & Admiraal, W. F. (2020). Source, respondent, or partner? Involvement of secondary school students in participatory action research. International Journal of Educational Research, 100, 101544. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101544

Smit, B. H. J., Tigelaar, D. E. H., Berry, A. K., & Admiraal, W. F. (2024). Teacher educators’ views on educating pre-service teachers for participatory action research in secondary schools. Teaching and Teacher Education, 141, 104460. https://doi.org/10.1016/j.tate.2023.104460

Solehuddin, M., Bahri, A. S., Abidin, Z., Fayola, A. D., & Zulkifli, Z. (2023). Penerapan Metode Demonstrasi untuk meningkatkan Pengetahuan siswa tentang akhlak islami. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(1), 55–66. http://dx.doi.org/10.24127/att.v7i1.2702

Sugandi, D., Syach, A., & Febriyanto, D. (2020). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Konsep Pesawat Sederhana. Jurnal Tahsinia, 2(1 SE-), 37–50. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.275

Sugianto, A., Riyanto, R., & Tajab, M. (2022). Pelatihan menulis seni kaligrafi bagi guru taman pendidikan al qur’an. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5). https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10020

Suharna, M. A., & Hamzah, A. (2022). Pendampingan Pembukaan Pariwisata Baru Pada Bumdes Mekar Sejahtera Desa Cibitung Menggunakan Metode Participatory Action Research. Jurnal Tunas, 4(1), 80–85. http://dx.doi.org/10.30645/jtunas.v4i1.78

Tri, D., & Stiyapranomo, D. A. (2022). Penerapan Metode Demonstrasi dan Penugasan Berbasis Google Formulir Berbantuan Media Pembelajaran Vpams-Ppt untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Senam Lantai . JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 7(1 SE-Articles), 58–65. https://doi.org/10.26740/jossae.v7n1.p58-65

Xu, S., Ou, Y., Duan, J., Wu, X., Feng, W., & Liu, M. (2019). Robot trajectory tracking control using learning from demonstration method. Neurocomputing, 338, 249–261. https://doi.org/10.1016/j.neucom.2019.01.052

Zhao, W., Hu, K., Fang, K., & Wang, D. (2024). Effects of cue and instructor demonstration on the learning of Chinese characters for Chinese as a second language beginners. Acta Psychologica, 248, 104334. https://doi.org/10.1016/j.actpsy.2024.104334

Zulkifli, Z., Zulkarnainsyah, Z., & Kencana, R. (2022). Pendampingan Latihan Seni Menulis Kaligrafi bagi Santri Pondok Pesantren Baqiyatussa’adiyah di Sanggar Assifa Kabupaten Indragiri Hilir. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 88–95. https://doi.org/10.46963/ams.v3i2.684

Published

2025-03-27

How to Cite

Alfurqan, A., Wibowo, B. S. ., Wardefi, R., Syafei, S., Usral, Z., & Satrial, A. (2025). Pelatihan Kaligrafi Berkaidah Naskhi bagi Guru MDTA dengan Metode Demonstrasi Terbimbing di Kota Sawahlunto. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 7(1), 226–235. https://doi.org/10.24036/abdi.v7i1.1117