Pendampingan Implementasi Model Pembelajaran Berdiferensiasi dan Sekolah Ramah Disabilitas

Authors

  • Marlina Marlina Universitas Negeri Padang
  • Syari Yuliana Universitas Negeri Padang
  • Endang Sri Handayani Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/abdi.v7i1.1158

Keywords:

Implementasi, Pembelajaran Berdiferensiasi, Sekolah Ramah Disabilitas

Abstract

Implementasi pendidikan untuk semua, ramah anak, ramah pembelajaran, dan inklusif masih jauh dari harapan. Tujuan kegiatan PKW ini adalah untuk: (1) meningkatkan pemahaman guru tentang pendidikan inklusif, pembelajaran berdiferensiasi, kebutuhan belajar anak berkebutuhan khusus, dan sekolah ramah disabilitas; (2) meningkatkan keterampilan guru menyusun instrumen asesmen pembelajaran berdiferensiasi dan modul ajar berbasis kesiapan belajar, minat, dan profil belajar; (3) melakukan identifikasi ABK dan sekolah ramah disabilitas. Metode dari kegiatan PKW berupa seminar, pelatihan, workshop, dan pendampingan. Peserta PKW berjumlah 62 orang guru-guru yang mewakili 31 SD/MI. Efektivitas PKW dievaluasi dengan kuesioner pretest dan posttest, hasil pendataan ABK, dan hasil pendataan sekolah ramah disabilitas. Hasil menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan terhadap pemahaman dan keterampilan guru tentang pendidikan inklusif, pembelajaran berdiferensiasi, kebutuhan belajar anak berkebutuhan khusus dari 43,6% (pretest) menjadi 87,8% (posttest). Terdata jumlah ABK di SD/MI se Kec. Sungai Geringging sebanyak 247 orang. Terdapat 4 SD/MI yang terdata sebagai sekolah ramah disabilitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z. (2016). Penerapan pemilihan media pembelajaran. Edcomtech, 1(1), 9–20.

Abizar, H. (2017). Buku master lesson study. Bantul: Diva Press.

Almayeni, M., & Marlina, M. (2023). Perceptions of Students with Disabilities on Reasonable Learning Ac-commodations at Universitas Negeri Padang. Indonesian Journal of Disability Studies, 10(2), 155–165.

Arriani, F., Agustiawati, A., Rizki, A., Widiyanti, R., Wibowo, S., Herawati, F., & Tulalessy, C. (2021). Panduan pelaksanaan pendidikan inklusif. Jakarta: Kemendikbud.

Fernandes, R. (2018). Adaptasi Sekolah Terhadap Kebijakan Pendidikan Inklusif. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 4(2), 119–125.

Fionita, W., & Nurjannah, E. (2024). Implementasi Pendidikan Inklusif Sebagai Perubahan Paradigma Pendidikan di Indonesia. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(2), 302-311.

Hartati, S., Nurdin, D., & Suryana, A. (2023). Using the Digital Leadership for Enhancing Digital Awareness in Higher Education. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(6), 1663–1669.

Indriani, S., & Marlina, M. (2020). Persepsi mahasiswa reguler dan disabilitas terhadap layanan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas. Jurnal Basicedu, 4(4), 1438–1445.

Kurniawati, T., & Putri, N. A. R. (2023). Pemahaman Keberagaman Peserta Didik Berdasarkan Profil Peser-ta Didik Sebagai Upaya Pemenuhan Target Kurikulum Merdeka. Jurnal Ecogen, 6(2), 267–277.

Lawrence-Brown, D. (2020). Differentiated instruction and inclusive schooling. In Oxford Research Encyclope-dia of Education.

Marlina. (2023). Peer Mentoring Mahasiswa Disabilitas di Perguruan Tinggi. Padang: Afifa Utama.

Marlina, M. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: UNP.

Marlina, M. (2021). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: UNP.

Marlina, M., Efrina, E., & Kusumastuti, G. (2019). Differentiated Learning for Students with Special Needs in Inclusive Schools. 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019). Atlantis Press.

Marlina, M., Efrina, E., & Kusumastuti, G. (2020). Model Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusif. Jurnal Orthopedagogik, 1(3), 17–36.

Messiou, K., et al. (2016). Learning from differences: a strategy for teacher development in respect to student diversity. School Effectiveness and School Improvement, 27(1), 45–61.

Naibaho, D. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Pe-serta Didik. Journal of Creative Student Research, 1(2), 81–91.

Nurfadillah, S. (2021). Pendidikan inklusi tingkat sd. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).

Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran diferensiasi dalam kurikulum merdeka. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, 4(1).

Puspitasari, H. (2018). Standar proses pembelajaran sebagai sistem penjaminan mutu internal di sekolah. Mus-lim Heritage, 2(2), 339–368.

Ramli, M. A., Jufri, M., & Djalal, N. M. (2022). Perbedaan Strategi Coping Terhadap Burnout Guru Honor-er Sekolah Luar Biasa di Kota Makassar. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 1(4), 359–368.

Salamah, A. U., Fauzi, A. D., Lestari, D. W., Fitriani, D., & Saefullah, A. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Kesiapan Belajar di Tingkat Sekolah Menengah Atas. Eksponen, 13(2), 126–135.

Santoso, P. H., Istiyono, E., & Haryanto. (2022). Physics teachers’ perceptions about their judgments within differentiated learning environments: A case for the implementation of technology. Education Sciences, 12(9), 582.

Thapliyal, M., Ahuja, N. J., Shankar, A., Cheng, X., & Kumar, M. (2022). A differentiated learning envi-ronment in domain model for learning disabled learners. Journal of Computing in Higher Education, 34(1), 60–82.

Wijaya, S., & Supena, A. (2023). Implementasi Program Pendidikan Inklusi Pada Sekolah Dasar di Kota Serang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 347-357.

Yang, S., Tian, H., Sun, L., & Yu, X. (2019). From One-size-fits-all Teaching to Adaptive Learning: The Cri-sis and Solution of Education in The Era of AI. Journal of Physics: Conference Series, 1237, 42039. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1237/4/042039

Yuwono, I., & Mirnawati, M. (2021). Strategi Pembelajaran Kreatif dalam Pendidikan Inklusi di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2015–2020.

Published

2025-03-27

How to Cite

Marlina, M., Yuliana, S., & Handayani, E. S. (2025). Pendampingan Implementasi Model Pembelajaran Berdiferensiasi dan Sekolah Ramah Disabilitas. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 7(1), 236–244. https://doi.org/10.24036/abdi.v7i1.1158