Peningkatan Kompetensi Guru melalui Workshop Media Pembelajaran Digital Padlet dan Lumio di SMK Negeri 7 Pontianak

Authors

  • Warneri Warneri Universitas Tanjungpura
  • Witarsa Witarsa Universitas Tanjungpura
  • Muhammad Basri Universitas Tanjungpura
  • Haris Firmansyah Universitas Tanjungpura
  • Shilmy Purnama Universitas Tanjungpura
  • Zuri Astari Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.24036/abdi.v7i2.1217

Keywords:

Lumio, Media digital, Padlet, Pengabdian kepada masyarakat

Abstract

Pelatihan ini dirancang untuk mengatasi rendahnya literasi digital di kalangan guru SMK yang menghambat penggunaan media pembelajaran interaktif di kelas. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat, program ini memperkenalkan dua media digital, Padlet dan Lumio, yang sebelumnya belum digunakan oleh guru-guru di sekolah mitra. Tujuan kegiatan adalah (1) meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis digital, dan (2) meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pemanfaatan teknologi interaktif. Kegiatan melibatkan 56 guru dari SMK Negeri 7 Pontianak dan dilaksanakan melalui penyampaian materi, pendampingan, serta praktik langsung dalam dua sesi: pemaparan urgensi media digital, dan pelatihan teknis penggunaan Padlet dan Lumio. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kesiapan guru dalam mengadopsi teknologi digital, dengan partisipasi aktif dan antusiasme yang tinggi selama workshop. Kegiatan ini menguji efektivitas pelatihan singkat berbasis praktik langsung dalam mendorong transformasi keterampilan digital guru serta menegaskan pentingnya strategi pelatihan aplikatif dalam literatur pengabdian masyarakat, khususnya pada konteks adopsi teknologi pendidikan di tingkat sekolah menengah kejuruan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Boateng, S., & Nyamekye, M. (2022). Learning sciences with technology: the use of padlet pedagogical tool to improve high school learners’ attainment in integrated sciences. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(5), 239-262. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.5.13

Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). E-Learning and the Science of Instruction: Proven Guidelines for Consumers and Designers of Multimedia Learning. Wiley.

Fajri, G., Priyono, P., & Kusumohadi, C. (2021). Mengembangkan Media Pembelajaran: Analisis Kebutuhan Pada Materi Exterior Light System. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(1), 365-371. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i1.652

Giri, W. (2016). Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Laksitas.

Hendra, H. et al. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik). Jambi : PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Hossain, M., & Quinn, M. (2020). Enhancing Language Learning Through Padlet: A Case Study. Journal of Educational Technology Development and Exchange, 13(2), 75-89.

Johnson, R., & Brown, L. (2022). Interactive Science Education with Lumio: Improving Student Engagement and Understanding. International Journal of Science Education, 44(3), 345-362.

Kolb, D. A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

Mariyah, Y., Budiman, A., Rohayani, H., & Audina, W. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Audio Visual: Studi Eksperimen Dalam Pembelajaran Tari. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(2), 959-967. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i2.778

Mehta, K. J., Miletich, I., & Detyna, M. (2021). Content-specific differences in Padlet perception for collaborative learning amongst undergraduate students. Research in learning technology, 29. https://doi.org/10.25304/rlt.v29.2551

Nuria, A. (2023). Pemanfaatan Media Lumio By Smart dalam Pembelajaran Menulis Teks Iklan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Jakarta Tahun Pelajaran 2023/2024. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Osipova, E., & Bagrova, Y. Y. (2022). Lumio by Smart in Distance Learning: a case of EFL vocabulary learning. Russian Linguistic Bulletin, 5(33), 7. https://cyberleninka.ru/article/n/lumio-by-smart-in-distance-learning-a-case-of-efl-vocabulary-learning

Qulub, T., & Renhoat, S. F. (2019). Penggunaan Media Padlet Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. Proceedings SAMASTA Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 141–146.

Pribadi, B. A. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Roblyer, M. D., & Doering, A. H. (2013). Integrating Educational Technology into Teaching. Pearson.

Smith, A., & Thomas, J. (2021). Leveraging Lumio for Differentiated Instruction in the Classroom. Educational Technology Research and Development, 69(1), 45-61.

Wakil, K., & Alwi, N. (2019). The Role of Padlet in Enhancing Student Engagement and Learning. International Journal of Innovation and Learning, 26(4), 365-377.

Published

2025-06-28

How to Cite

Warneri, W., Witarsa, W., Basri, M., Firmansyah, H., Purnama, S., & Astari, Z. (2025). Peningkatan Kompetensi Guru melalui Workshop Media Pembelajaran Digital Padlet dan Lumio di SMK Negeri 7 Pontianak. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 7(2), 532–538. https://doi.org/10.24036/abdi.v7i2.1217