Peningkatan Kompetensi Guru melalui Workshop Media Pembelajaran Digital Padlet dan Lumio di SMK Negeri 7 Pontianak
DOI:
https://doi.org/10.24036/abdi.v7i2.1217Keywords:
Lumio, Media digital, Padlet, Pengabdian kepada masyarakatAbstract
Pelatihan ini dirancang untuk mengatasi rendahnya literasi digital di kalangan guru SMK yang menghambat penggunaan media pembelajaran interaktif di kelas. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat, program ini memperkenalkan dua media digital, Padlet dan Lumio, yang sebelumnya belum digunakan oleh guru-guru di sekolah mitra. Tujuan kegiatan adalah (1) meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis digital, dan (2) meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pemanfaatan teknologi interaktif. Kegiatan melibatkan 56 guru dari SMK Negeri 7 Pontianak dan dilaksanakan melalui penyampaian materi, pendampingan, serta praktik langsung dalam dua sesi: pemaparan urgensi media digital, dan pelatihan teknis penggunaan Padlet dan Lumio. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kesiapan guru dalam mengadopsi teknologi digital, dengan partisipasi aktif dan antusiasme yang tinggi selama workshop. Kegiatan ini menguji efektivitas pelatihan singkat berbasis praktik langsung dalam mendorong transformasi keterampilan digital guru serta menegaskan pentingnya strategi pelatihan aplikatif dalam literatur pengabdian masyarakat, khususnya pada konteks adopsi teknologi pendidikan di tingkat sekolah menengah kejuruan.
Downloads
References
Boateng, S., & Nyamekye, M. (2022). Learning sciences with technology: the use of padlet pedagogical tool to improve high school learners’ attainment in integrated sciences. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(5), 239-262. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.5.13
Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). E-Learning and the Science of Instruction: Proven Guidelines for Consumers and Designers of Multimedia Learning. Wiley.
Fajri, G., Priyono, P., & Kusumohadi, C. (2021). Mengembangkan Media Pembelajaran: Analisis Kebutuhan Pada Materi Exterior Light System. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(1), 365-371. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i1.652
Giri, W. (2016). Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Laksitas.
Hendra, H. et al. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik). Jambi : PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Hossain, M., & Quinn, M. (2020). Enhancing Language Learning Through Padlet: A Case Study. Journal of Educational Technology Development and Exchange, 13(2), 75-89.
Johnson, R., & Brown, L. (2022). Interactive Science Education with Lumio: Improving Student Engagement and Understanding. International Journal of Science Education, 44(3), 345-362.
Kolb, D. A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.
Mariyah, Y., Budiman, A., Rohayani, H., & Audina, W. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Audio Visual: Studi Eksperimen Dalam Pembelajaran Tari. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(2), 959-967. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i2.778
Mehta, K. J., Miletich, I., & Detyna, M. (2021). Content-specific differences in Padlet perception for collaborative learning amongst undergraduate students. Research in learning technology, 29. https://doi.org/10.25304/rlt.v29.2551
Nuria, A. (2023). Pemanfaatan Media Lumio By Smart dalam Pembelajaran Menulis Teks Iklan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Jakarta Tahun Pelajaran 2023/2024. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Osipova, E., & Bagrova, Y. Y. (2022). Lumio by Smart in Distance Learning: a case of EFL vocabulary learning. Russian Linguistic Bulletin, 5(33), 7. https://cyberleninka.ru/article/n/lumio-by-smart-in-distance-learning-a-case-of-efl-vocabulary-learning
Qulub, T., & Renhoat, S. F. (2019). Penggunaan Media Padlet Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. Proceedings SAMASTA Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 141–146.
Pribadi, B. A. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Roblyer, M. D., & Doering, A. H. (2013). Integrating Educational Technology into Teaching. Pearson.
Smith, A., & Thomas, J. (2021). Leveraging Lumio for Differentiated Instruction in the Classroom. Educational Technology Research and Development, 69(1), 45-61.
Wakil, K., & Alwi, N. (2019). The Role of Padlet in Enhancing Student Engagement and Learning. International Journal of Innovation and Learning, 26(4), 365-377.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Warneri et al

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.